Membangun Negeri dalam Bingkai Kearifan Lokal untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Dalam rangka memperingati acara Dies Natalis ke-24 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas dengan UKMF SOCRATES FISIP UNAND sebagai pelaksana teknis sedang menyelenggarakan Pekan Ilmiah FISIP UNAND yang ditujukan kepada seluruh Mahasiswa se-Indonesia.

Kegiatan yang mengusung tema “Membangun Negeri dalam Bingkai Kearifan Lokal untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045” yang diadakan dari tanggal 01 November 2017 sampai dengan 04 November 2017 yang betempat di tiga tempat yaitu; Auditorium Gubernur Sumbar, UPT Dinas Perkebunan dan Kampus UNAND sendiri. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan diantaranya adalah Lomba Debat Mahasiswa tingkat Nasional dengan mengusung tema “Aspirasi Kritis untuk Indonesia”, yang diikuti 11 tim dari berbagai Kampus se-Indonesia dan Lomba Essay Mahasiswa tingkat Nasional yang bertemakan “Inovasi berbasis kearifan Lokal”, yang diikuti Sembilan finalis dengan Essay terbaik.

“acara Pekan Ilmiah FISIP UNAND ini adalah acara yang dibentuk untuk pertama kalinya dalam rangka memperingati Dies Natalis Ke-24 FISIP sendiri. Tujuan kami dalam acara ini sesuai dengan tema yang kami usung dan membangkitkan ide kreatif para mahasiswa serta aspirasi kritis.Tema Kearifan local sendiri diharapkan menjadi penarik bagi peserta lomba.”Paparan Ikhlas selaku Ketua Panitia.

Tidak hanya itu Doni Firnando salah satu Delegasi dari Universitas Sriwijaya memaparkan kekegamunnya selaku peserta Essay atas acara Pekan Ilmiah yang pertama kali diadakan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNAND ini. Tema yang menarik pun menjadi motivasinya dalam mengikuti perlombaan essay untuk memamerkan ide kreatif baru dari songket Khas dari Pelambang, kota tempat ia melangsungkan pendidikannya.Ia berharap agar acara PIF ini bias lanjut kedepannya dan mengusung perlombaan yang lebih banyak lagi.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari segenap akademika UNAND, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Media Partner ( Genta Andalas, RRI, Haluan, Singgalang dan Padang TV), dan sponsorship ( Pemerintahan Sumatra Barat)

Jurnal FISIP