Pemilihan Dekan FISIP UNAND Periode 2024-2029

Suksesi kepemimpinan adalah sebuah keniscayaan bagi setiap organisasi. Kepemimpinan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas, Dr. Azwar telah memasuki akhir masa jabatan sehingga dilakukan kegiatan Pemilihan Dekan FISIP Universitas Andalas. Terdapat tiga calon yang mendaftar dalam Pemilihan Dekan FISIP Universitas Andalas Periode 2024-2029 yakni: (1) Dr Jendrius, M.Si, (2) Dr. Hendri Koeswara, M.Soc.Sc., dan (3) Dr. Lucky Zamzami, M.Soc.Sc. Sebagaimana yang diamanatkan dalam Pasal 39 Peraturan Rektor Universitas Andalas Nomor 8 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Organ Pengelola Universitas Andalas, maka ketiga pendaftar langsung ditetapkan sebagai Calon Dekan dan pemilihan hanya dilakukan ditingkat senat.

Pada Kamis, 13 Juni 2024, kegiatan Pemilihan Dekan FISIP Universitas Andalas dilaksanakan di ruang sidang lantai 2 Dekanat FISIP. Diawal kegiatan, ketua senat dalam hal ini diwakili oleh Apriwan, Ph.D membuka rapat senat dengan agenda tunggal yakni Pemilihan Dekan FISIP Universitas Andalas periode 2024-2029. Setelah rapat senat dibuka, masing-masing calon dekan mendapat kesempatan untuk melakukan pemaparan visi misi dan program kerja. Setiap calon dekan mendapat kesempatan selama 15 menit untuk melakukan pemaparan dihadapan 27 anggota senat yang hadir. Dalam kesempatan tersebut, calon dekan nomor urut 1, Dr Jendrius, M.Si menyampaikan tagline together we are great atau diistilahkan dalam bahasa minang, basamo mako manjadi dan visi Menjadi Fakultas yang Unggul, Terkemuka, dan Bermartabat di Asia Tenggara Pada Tahun 2029. Adapun calon dekan nomor urut 2 Dr. Hendri Koeswara, M.Soc.Sc., menyampaikan visi Menjadi Fakultas bereputasi Internasional dalam bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Tata Kelola Unggul yang Humanis, Emansipatif, Bersinergi, Akomodatif, dan Transparan pada Tahun 2030. Calon dekan nomor urut 3, Dr. Lucky Zamzami, M.Soc.Sc menyampaikan visi Mewujudkan FISIP Universitas Andalas yang Healthy, Integrated, Smart, and Green (HITS and Green) menuju Fakultas yang Unggul, Berkarakter, Transparan, dan Berdaya Saing di Bidang Kajian Sosial Politik dalam Ruang Lingkup Nasional dan Internasional Tahun 2030.

Setelah pemaparan dilakukan oleh masing-masing calon dekan, panitia pemilihan menyampaikan teknis pemilihan. Teknis pemilihan dilakukan dengan metode one man one vote dimana setiap anggota senat hanya berhak memiliki satu suara dalam pemilihan. Metode pemungutan suara dilakukan dengan teknik centang diatas kertas surat suara, dan dilakukan dalam bilik tertutup. Masing-masing anggota senat dipanggil secara berurutan oleh panitia dan melakukan centang suara secara rahasia. Setelah kesemua anggota senat menyalurkan hak suara, panitia pemilihan melakukan penghitungan kembali surat suara yang masuk ke kotak suara dan dilanjutkan menghitung pemenang. Dari 27 surat suara yang masuk, 13 surat suara memilih calon calon dekan nomor urut 1, Dr Jendrius, M.Si, diikuti dengan 12 surat suara memilih calon dekan nomor urut 2 Dr. Hendri Koeswara, M.Soc.Sc, dan 1 surat suara memilih calon dekan nomor urut 3, Dr. Lucky Zamzami, M.Soc.Sc dan 1 surat suara dinyatakan tidak sah karena ada dua contengan pada dua calon dekan yang berbeda. Setelah mekanisme penghitungan dilakukan, panitia pemilihan melakukan pembuatan berita acara dan ditandatangani oleh kelima panitia secara lengkap yakni Ketua, Fajri Rahman, S.Sos MA.,  Sekretaris, Yayuk Lestari, S.Ikom., MA., Anggota yakni Dr. Virtous Setyaka, S.IP., M.Si, Dr. Irawati, S.IP., MA, dan Muhammad Ichsan Kabullah, S.IP., M.PA. Setelah berita acara pemilihan ditandantangani maka panitia dalam hal ini diwakili Ketua, Fajri Rahman, S.Sos MA menyerahkan berita acara pemilihan kepada ketua rapat senat terbuka yakni Apriwan, Ph.D.

Add a Comment

Your email address will not be published.

All Categories

Recent Posts

Regulasi

Peraturan Senat Fakultas

Tags