""

FISIP Unand — Guna menyemarakkan dies natalis FISIP Universitas Andalas (Unand) yang ke-29 tahun, Jurusan Antropologi menggelar Seminar dan Pameran Etnografi Mentawai. Kegiatan yang bertempat di Museum Etnografi Andalas, Gedung C, FISIP Unand ini resmi dibuka pada Selasa, 17 Mei 2022.

Selaras dengan tajuknya, Seminar dan Pameran Etnografi Mentawai mengajak peserta dan pengunjung untuk mengenal lebih dekat dengan seluk-beluk kebudayaan Mentawai. Tidak tanggung-tanggung, kegiatan ini akan digelar selama tiga hari ke depan, yakni hingga Kamis, 19 Mei 2022.

Adapun acara pembukaan dihadiri oleh unsur pimpinan fakultas, yaitu Dr. Azwar, M.Si. (Dekan FISIP Unand), Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si. (Wakil Dekan II FISIP Unand), Sidarta Pujiraharjo, M.Hum. (Sekretaris Jurusan Antropologi FISIP Unand), serta Dr. Maskota Delfi, M.Hum. selaku koordinator kegiatan. Selain itu, turut hadir sebagai undangan, Prof. Sawirman (Kepala UPT Unand), Dra. Izatti (Pengamat Museum), dan Dr. Wurdaningsih dari Universitas Negeri Padang (UNP).

Dalam acara pembukaan tersebut, Dr. Azwar, M.Si. berharap agar Seminar dan Pameran Etnografi Mentawai ini dapat berjalan lancar. Selain menjadi rangkaian kegiatan dalam menyemarakkan dies natalis, menurutnya, kegiatan ini juga menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan Museum Etnografi Andalas.

Sebagai informasi, Museum Etnografi Andalas merupakan museum yang berisikan informasi terkait kehidupan masyarakat Mentawai. Tidak hanya itu, museum ini juga menampilkan berbagai koleksi kebudayaan asli Mentawai. Sejak diresmikan pada 4 Desember 2019 lalu, museum ini telah mengadakan berbagai kegiatan dan dilibatkan sebagai media dalam proses belajar mengajar di Universitas Andalas.


FISIP UNAND - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas (Unand) Padang bertekad menjadi fakultas terdepan dalam pengembangan ilmu sosial dan politik di Asia Tenggara.

“Kami memiliki visi menjadi fakultas yang bermartabat dan terkemuka di Asia Tenggara di bidang sosial, politik dan budaya serta berperan aktif dalam membangun bangsa lewat proses pendidikan, penelitian dan pengabdian,” kata Dekan FISIP Unand Dr Azwar di Padang, Jumat (13/5).

Ia menyampaikan hal itu pada rapat senat terbuka peringatan Dies Natalis FISIP Unand ke-29 pada 13 Mei 2022.

Menurut dia, untuk mewujudkan visi tersebut sudah dituangkan dalam rencana strategis 2020-2024.

Untuk mewujudkan fakultas yang siap bersaing di kancah internasional saat ini sudah ada tujuh orang mahasiswa asing yang menuntut ilmu di sini berasal dari China, Madagaskar, Suriname, Thailand dan Sudan.

Azwar memaparkan saat ini FISIP Unand memiliki enam jurusan yang terakreditasi BAN PT yaitu Sosiologi, Antropologi, Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional dan Administrasi Publik.

Dari enam jurusan tersebut empat diantaranya sudah memiliki akreditasi A dan tinggal Jurusan Hubungan Internasional dan Administrasi Publik memiliki akreditasi B.

Selain itu saat ini FISIP Unand juga telah membuka prodi magister sosiologi, antropologi, ilmu politik, ilmu komunikasi dan program doktor studi kebijakan.

Kemudian saat ini FISIP Unand memiliki 92 dosen dengan perincian 34 orang atau 37 persen bergelar doktor, 58 orang atau 63 persen magister.

“Dari 58 orang tersebut saat ini 18 orang juga sedang menempuh studi S3 dan empat orang sudah menyandang gelar guru besar,” kata dia.

Ia menyampaikan pada 2022 FISIP Unand akan menambah dua guru besar lagi.

Untuk pencapaian akademik minat calon mahasiswa untuk kuliah di FISIP Unand cukup tinggi terutama jurusan Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional dan Administrasi Publik dengan peminat di atas 1.000 orang.

Sedangkan untuk pencapaian prestasi akademik pada 2022 terdapat dua dosen yang meraih penghargaan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yaitu Prodf Afrizal selaku dosen berprestasi di bidang publikasi dan Yesi Puspita sebagai dosen dengan prestasi HAKI terbanyak.

Terkait sarana penunjang perkuliahan saat ini terdapat laboratorium pembelajaran, televisi dan radio.

Sementara Wakil Rektor Unand Prof Mansyurdin mengucapkan selamat atas Dies Natalis FISIP ke 29.

Ia mendorong peningkatan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu lewat peningkatan kualitas kurikulum yang relevan. Sumber: FISIP Unand Bertekad Jadi Fakultas Terkemuka di Asia Tenggara - Portal Berita Singgalang (hariansinggalang.co.id)

Marhaban ya Ramadhan, dalam rangka memperingati Nuzul Qur'an 17 Ramadhan 1443 H, FISIP Universitas Andalas mempersembahkan :

"Semarak Ramadhan, FISIP bergema bersama Al-Qur'an"

Hadirilah Semaraknya Al-Qur'an di Musholla Ar-Rasyid FISIP Universitas Andalas pada hari Selasa/19 April 2022 dengan agenda :

?Tabligh Akbar bersama Buya Mas'oed Abidin (Imam Besar MUI Sumbar)
?MTQ tingkat Dosen dan Mahasiswa
?Ifthar Jama'i, berbuka bersama dan menerima donasi hantaran berbuka bersama di Mushola Ar-Rasyid FISIP
?Ditutup dengan Tarawih bersama.

Allah SWT berfirman :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ.

Yang artinya: Bulan Ramadhan, bulan yang di padanya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (QS. Al Baqarah: 185).

 

Friday, 01 April 2022 14:37

Laporan Wisuda 2 2021

Written by

FISIP UNAND - Kesempatan untuk belajar di luar maupun dalam negeri sudah hadir kembali, loh. Persiapkan diri kalian yaa karena Kementerian Kominfo membuka berbagai Perguruan Tinggi sesuai dengan passion-mu!

Program Beasiswa ini terbuka bagi PNS/TNI/Polri dan Masyarakat umum yang berlatar belakang perkerjaan ataupun berminat di sektor TIK. Program Beasiswa ini merupakan program pembiayaan penuh dengan komponen pembiayaan beasiswa meliputi biaya pendidikan dan biaya pendukung lainnya. Pendaftaran Program Beasiswa S2 Luar Negeri untuk semua negara tujuan diperpanjang hingga 31 Maret 2022, sedangkan Program Beasiswa S2 Dalam Negeri disesuaikan dengan jadwal masing-masing Perguruan Tinggi tujuan.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui website: https://beasiswa.kominfo.go.id

Informasi lengkap silakan kunjungi: https://komin.fo/S2DNLNTA2022

Masih bingung pilih Kampus impian untuk S2 kamu? Stay tuned untuk jadwal Webinar Info Sesi Beasiswa S2 Luar dan Dalam Negeri. Fighting! ?

FISIP UNAND – Dalam meningkatkan kualitas publikasi ilmiah dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas, mengadakan workshop penulisan artikel ilmiah terindeks scopus kepada dosen-dosen. Dengan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang penulisan karya ilmiah terindeks scopus, Bapak Robbi Rahim, PhD yang memiliki H Indeks Scopus 24 dan merupakan Editor.Review Jurnal Internasional Terindeks Scopus. Workshop penulisan penulisan artike terindeks scopus ini diselenggarakan pada hari Kamis, 24 Februari 2022 secara Hybird yang memfasilitasi peserta workshop hadir di Ruang Sidang Dekanat FISIP Lantai 2 bersama Narasumber langsung dan melalui virtual zoom, tentu dengan protokol kesehatan ketat dengan berbagai fasilitas penunjang yang disediakan Fakultas ISIP untuk peserta workshop yang hadir, yakni Dosen-dosen FISIP, Dekan, Wakil Dekan, serta Mahasiswa.

Secara umum kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan meningkatkan kuantitas dan kualitas penulisan jurnal International juga meningkatkan motivasi dosen untuk menulis karya ilmiah, sehingga akan berpengaruh terhadap peningkatan nilai akreditasi.

Dekan FISIP UNAND yang dalam workshop ini diwakilkan oleh Wakil Dekan I Dr. Lucky Zamzami mengatakan dalam sambutannya bahwa penulisan jurnal internasional terindeks scopus itu penting terutama bagi dosen yang ingin naik pangkat ke Kepala Lektor. ” Oleh sebab itu dengan diadakan agenda ini diharapkan para dosen segera mempublikasikan jurnal internasional terindeks scopus dan memahami kriteria-kriteria artikel yang disiapkan sehingga tepat sasaran publikasi dan strategi.

Dalam pemaparannya Robbi Rahim, PhD selaku narasumber workshop menegaskan bahwa “Scopus adalah anugerah”. Sehingga tidak ada lagi yang harus ditakuti oleh dosen perihal artikel terindeks Scopus. Dengan meningkatnya artikel jurnal yang terindeks Scopus oleh para dosen, maka kualitas, akreditasi, dan kemudahan kenaikan jabatan SDM di lingkungan kampus dapat ditingkatkan lebih cepat (IH).