Membuka Jalan Menuju Masyarakat Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang Religius di Indonesia

FSI FISIP UNAND menjadi tuan rumah MUNAS (Musyawarah Nasional) FSLDK ISIP. MUNAS tahun ini diselenggarakan selama  3 hari, dari tanggal 30 November - 2 Desember, dengan diikuti oleh lembaga dakwah kampus FISIP se-Indonesia. Pada tahun ini adalah kelima kalinya digelar dengan mengangkat tema “Membuka Jalan Menuju Masyarakat Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang Religius di Indonesia”.

Pada hari pertama dilaksanakan Opening Ceremony di Convention Hall, kampus Unand, Limau Manis. yang dihadiri dan dibuka langsung oleh Dekan FISIP, Dr. Alfan Miko, M.Si.  Ketua Panitia acara, Erman mengatakan “MUNAS ini adalah Forum untuk menjalin sillaturahmi antara LDK (Lembaga Dakwah Kampus) FISIP se-indonesia dalam merumuskan gerakan-gerakan dakwah untuk kemashlatan umat, khususnya di Indonesia.” pacara pada hari pertama juga diadakan Seminar Nasional dengan pembicara yaitu Muslim Muhammad Yamin, L.c,. MM., anggota DPRD Sumbar Komisi III periode dan Nofrizon, S.Sos, Manager Marketing BKB Nurul Fikri, Padang.

Erman juga mengatakan, Selain seminar juga diadakan Lomba menulis Essay. Dalam lomba menulis Essay diadakan seleksi dengan menyisakan peserta dalam posisi 3 besar yang selanjutnya di presentasikan secara langsung dihadapan Dewan Juri dan Peserta MUNAS. Peserta yang mendapatkan Juara pertama dari Universitas Padjajaran atas nama Adettia Gama, kemudian juara kedua diraih oleh Taufik Suganda dari Universitas Sumatera Utara, dan Juara ketiga diraih oleh Rifqah Sajidah dari Universitas Padjajaran.

Kemudian pada hari kedua dilaksanakan MUNAS (Musyawarah Nasional) yang merupakan inti dari rangkaian acara di Aula Gubernuran Sumatera Barat. sekaligus dijamu makan agar peserta yang notabene berasal dari berbagai Universitas bisa menikmati kuliner asli MinangKabau. Hasil dari Musyawarah untuk kepengurusan inti FSLDK ISIP periode 2018 -2019 terpilih yaitu Universitas Sumatera Utara, atas nama Munawir Sitompul sebagai Koordinator Nasional, Taufik Suganda sebagai Sekretaris Umum, Hendra Butar-Butar sebagai Bendahara Umum.  Kemudian untuk Komisi A (kelembagaan) Ahmad Handoyono dari Universitas Negeri BengkuluKomisi B (Kaderisasi) Erman Epi Shabri dari Universitas Andalas,               Komisi C (Isu dan Media) Misbahul Munir dari Universitas Sultan Agung Tirtayasa, dan Komisi D (Kemuslimahan) Sofha Mujahiddah dari Universitas Padjajaran. Kemudian tuan rumah yang terpilih untuk MUNAS FSLDK ISIP tahun 2018 yaitu FKMI Nuruddin Tanjungpura.

Pada hari ketiga (terakhir), Peserta MUNAS dan tuan rumah Panitia penyeleggara melakukan Taddabur Alam dengan mengunjungi Kota Bukittinggi. Salah satu tempat yang dikunjungi yaitu Lubang Jepang yang merupakan tempat Sejarah dari Pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Tak lupa pula mengunjungi Jam Gadang yang merupakan Ikon dari Sumatera Barat, khususnya Kota Bukittinggi. Salah seorang peserta munas mengutarakan rasa bahagia berada di ranah Minangkabau karna dikenal dengan tempat negeri para pendiri bangsa indonseia dan juga merasakan makanan terlezat didunia yakni Rendang.