MTQ Semarak Ramadhan 1440 H FISIP digelar dengan tema “Al-Qur’an menghidupkan Kehidupan”

Kamis, 23/5/19 Telah dilaksanakannya salah satu agenda Semarak Ramadhan FISIP UNAND yang dimulai pada 17 Ramadhan 1440 H di Musala Ar-Rasyid Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas, dengan tema “Al-Qur’an Menghidupkan Kehidupan”. Acara ini dilatar belakangi oleh “Bulan Ramadhan adalah  (bulan) yang didalamnya diturunkan al-qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang batil). ….” (QS. Al-Baqarah ayat 185)

Menghidupkan Al-qur’an dalam kehidupan merupakan suatu keharusan bagi setiap manusia khususnya orang-orang muslim. Segala apa yang dibutuhkan, yang diinginkan, ketentraman hidup dan kesejukan hati dapat diperoleh melalui Al-Qur’an. Semangat menghidupkan Al-Qur’an bagi kaum intelektual bertujuan untuk menyeimbangkan pengetahuan Ukhrawi dan Duniawi dan diharapkan menjadi orang-orang yang mampu menciptakan kedamaian dan kesejahteraan masa depan bangsa Indonesia, Baldatun thayyibatun wa rabbun ghaffur.

Berangkat dari semangat inilah kegiatan menghidupkan Al-Qur’an di kampus, khususnya di FISIP Universitas Andalas dilangsungkan, dilanjutkan dengan taraweh bersama yang dipimpin oleh Bapak Dr. Aidil Zetra, MA serta berbuka bersama se-FISIP. Alhamdulillah moment bulan Suci Ramadhan, Mushabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dapat membantu menghidupkan Al-qur’an dikalangan mahasiswa, dosen maupun tenaga kependidikan berjalan lancar dan penuh khitmat. Dengan demikian, diadakannya MTQ diharapkan dapat memacu semangat para intelektual untuk memahami dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari dalam penutupan MTQ oleh Bapak Dekan FISIP Dr. Alfan Miko, M.Si.

SIA FISIP

SAD

Jurnal FISIP