UNAND Gelar Seminar Internasional ASEAN Pertama di Lingkungan Kampus

Pusat Studi ASEAN Universitas Andalas di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Andalas (LPPM) berkerjasama dengan Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN, Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia akan menggelar seminar internasional on ASEAN (IC-ASEAN) bertajuk “Toward Better ASEAN” pada 5-6 September 2019 di Convention Hall Universitas Andalas.  Seminar Internasional ini  diselenggarakan untuk mengevaluasi, mendiskusikan beberapa isu penting di lingkup ASEAN dan menyediakan gagasan alternatif dari berbagai sudut pandang dan disiplin ilmu untuk mewujudkan ASEAN yang lebih baik di masa depan.

Konferensi internasional ini rencananya dihadiri oleh 165 peserta yang berasal dari para akademisi baik dari Indonesia yakni berbagai universitas negeri dan swasta Indonesia serta para Akademis yang berasal dari Luar Negeri, diantaranya dari Negeri Jiran yakni Malaysia, serta peneliti-peneliti yang berasal dari beberapa Negara di Asia, diantaranya dari Negara Brunei, Taiwan, Thailand, Singapura dan Jepang. Dengan keberagaman  latar belakang yang berbeda diharapkan kegiatan ini mampu memberikan beragam perspektif dan gagasan baru sebagai solusi atas permasalahan yang ada di ASEAN dan negara-negara anggotanya.

Acara ini akan menghadirkan tujuh orang keynote speakers (pembicara utama).  Pembicara pertama yaitu Riaz J.P Saehu yang merupakan Direktur Kerjasama ASEAN bidang Sosial Budaya, dilanjutkan oleh Dr. Nur Hassan Wirajuda Menteri Luar Negeri Indonesia tahun 2001-2009 kemudian Prof. Dr.Ir. Helmi, M.Sc dari Universitas Andalas yang merupakan ketua dari Program Doktor Studi pembangunan,  Dr. Bruno Jetin yang berasal dari University Brunei Darussalam, Dr. Helena Varkkey dari University of Malaya, Dr. Kumar Ramakrishna dari S. Rajaratnam School of International Studies serta prof. Herman Joseph Kraft dari Univerity Philippines Diliman.

Seminar ini akan dibuka dengan Gala Dinner di Kediaman Gubernur Sumbar 4 September 2019, yang langsung di Jamu Oleh Gubernur Sumbar Prof. Irwan Prayitno serta Prof. Tafdil Husni sebagai Tuan Rumah penyelenggara kegiatan dari Universitas Andalas  dan Jose Antonio Morato Tavares Dirjen Kerjasama ASEAN, Kementrian Luar Negeri RI .

Untuk membuat para tamu-tamu ASEAN semakin bersemangat mengikuti kegiatan ini Jamuan ini juga rencananya diiringi dengan penampilan tarian dan penampilan music beberapa kesenian tradisional Minang Kabau (RN/ ML)