Tuesday, 22 June 2021 14:02

Peraturan Pemerintah

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2012 Tentang Pedoman Umum Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (UNDUH)

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Jenjang Jabatan Fungsional (UNDUH)

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 12/E/KPT/2021 Tentang Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen (UNDUH)

FISIP-Unand. Rabu (02/06). FISIP Universitas Andalas melakukan penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Universitas Jember secara virtual melalui aplikasi Zoom, Rabu Sore (02/6).

Penandatangan MoU ini terkait pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang akan dilakukan oleh kedua pihak guna tercapainya program pendidikan,  pelatihan, magang, seminar/ konferensi, loka karya, penelitian publikasi ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat dalam program  Merdeka Belajar- Kampus Merdeka.

Menurut Dekan FISIP Universitas Jember, Dr.Djoko Poernomo, M.SI, dari data yang ada, tercatat 952 mahasiswa FISIP Universitas Jember memenuhi syarat untuk menempuh mata kuliah di PTN lain. Salah satu PTN yang bisa menjadi tujuan kuliah mahasiswa FISIP Universitas Jember, adalah FISIP Universitas Andalas Padang.

“Kedua belah pihak setuju melakukan kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja,” ujar Djoko. Djoko menjelaskan, jika kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama ini adalah kelanjutan dari adanya MoU antara Universitas Jember dengan Universitas Andalas yang telah ditandatangani masing–masing Rektor tanggal 31 Mei lalu.

“Kami langsung gerak cepat menjalin kerja sama dengan FISIP Universitas Andalas, namun sebelumnya memang sudah ada usaha penjajagan untuk mewujudkan kerjasama ini. Selain menjalin kerja sama dengan FISIP Universitas Andalas, kami sudah menjalin kerja sama dengan tujuh FISIP PTN lainnya,” jelasnya.
Selain memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di PTN lain, Program MBKM juga memberikan kesempatan bagi dosen untuk mengajar di PTN lain. ”Kini para dosen FISIP Unej sudah mengajar di 14 PTN lain di Indonesia. Adanya pandemi Covid 19 tak lantas membuat kita terpuruk, malah dengan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi membuat kesempatan berkreasi dan bekerja sama makin luas. Jadi para dosen kami sudah biasa di pagi hari memberi kuliah di FISIP Universitas Lampung, sore bisa mengajar di FISIP UPN Yogyakarta,” papar Djoko.


Jalinan kerja sama ini disambut hangat FISIP Universitas Andalas, seperti yang disampaikan Dekan FISIP Unand. Menurut Dr. Azwar, M.Si, selain membuka kesempatan pertukaran mahasiswa, pihaknya tertarik menjajagi pertukaran dosen di semester Gasal tahun akademik 2021/2022 nanti. Pasalnya ada beberapa program studi yang dosennya tengah melanjutkan studi sehingga tak aktif mengajar. Dengan adanya kerja sama ini maka bisa mengundang dosen dari FISIP Unej memberikan kuliah.

“Masing – masing pihak punya keunggulan, misalnya di program studi tertentu yang tidak dimiliki. Semisal kami punya Program Studi Antropologi namun tidak memiliki Program Studi Kesejahteraan Sosial seperti FISIP Universitas Jember. Maka melalui Program MBKM, mahasiswa bisa memperkaya khazanah pengetahuan dengan mengambil mata kuliah di luar jurusannya yang mendukung studinya. Kerjasama lintas disiplin pun terbuka bagi dosen,” Jelas Azwar

Kegiatan penandatangan Mo Aini dihadiri juga oleh Pimpinan Fakultas, Ketua-Ketua Jurusan di Lingkungan FISIP Unand dan Unej, Dosen-Dosen dan juga Tenaga Kependidikan masing-masing fakultas. (LZ).

 

 

FISIP UNAND – Minimnya penyadaran terhadap masyarakat untuk dapat memilah dan memilih siaran yang sesuai dan baik bagi mereka menjadi salah satu penyebab rendahnya kualitas isi siaran TV di tanah air. Karenanya, perlu ada upaya literasi yang berkesinambungan dan terarah agar didapatkan kesadaran masyarakat terhadap pemanfaatan media secara baik dan menyeluruh.

Publik merupakan konsumen program siaran. Lalu kenapa masih ada program yang secara kualitas rendah? “Salah satunya disebabkan karena kurangnya literasi kepada publik. Karenanya masih banyak publik yang menikmati siaran yang kualitasnya di bawah rata-rata,” kata Komisioner KPI Pusat, Irsal Ambia, pada saat menyampaikan sambutan pembuka kegiatan diskusi kelompok terpumpun atau Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Program Riset Indeks Kualitas Program Siaran TV Tahun 2021 untuk wilayah Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (31/5). 

Dalam kesempatan itu, Irsal menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang dilakukan lembaganya dengan Universitas Andalas (Unand) dalam kegiatan riset ini. Kerjasama yang telah berjalan enam tahun sejak ditandatangani pada 2016 lalu diharapkan dapat terus menghasilkan masukan yang positif bagi pengembangan penyiaran di tanah air.

“Apresiasi sangat tinggi untuk kalangan akademisi dari Universitas Andalas yang telah berkontribusi banyak untuk riset ini. Kami juga memberi penghargaan bagi seluruh informan yang aktif dalam FGD ini. Hasil dari riset ini sangat penting dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia dari sisi penyiaran. Pasalnya, kita sadar betul TV masih menjadi media informasi yang digunakan banyak masyarakat kita, hampir 80 persen.

Sementara itu, Dekan FISIP Universitas Andalas, Dr. Azwar, M.Si menegaskan dalam sambutannya sebelum memulai FGD mengatakan program kegiatan riset penyiaran yang diselenggarakan KPI bersama UNAND merupakan salah satu bentuk usaha memperbaiki kualitas penyiaran nasional secara umum. Karena itu, FISIP UNAND  akan terus mendukung program ini secara berkelanjutan ke depannya. (IH)

 

 

FISIP UNAND-Jumat (28/05). Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Andalas (Unand) melakukan Penjajakan kerjasama dengan Pemerintah Kota Padang Panjang terkait dengan program pelaksanaan Pendidikan studi lanjut bagi ASN di pemerintahan kota Padang Panjang melalui skim beasiswa yang disediakan oleh pemerintah. Disamping itu juga dengan penjajakan Kerjasama lainnya yang sangat penting adalah implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka seperti kegiatan magang bersertifikat, dosen beraktifitas di luar menjadi staf ahli di pemerintahan. Kunjungan Dekan FISIP Unand, Dr. Azwar, M.Si bersama rombongan yaitu Wakil Dekan I, Dr. Lucky Zamzami, M.Soc.Sc, Koordinator Kerjasama FISIP, Diego, S.Kom, M.Si, dan Ilham Aldelano Azre, S.AP, MAP (dosen Ilmu Administrasi Publik) disambut oleh Walikota Padang Panjang, H. Fadly Amran, B.B.A.di ruang kerjanya, Jumat (28/05) di Padang Panjang.

Melalui sambutannya, Walikota Padang Panjang, H. Fadly Amran, B.B.A mengungkapkan rasa terimakasihnya atas kedatangan dari FISIP Unand yang berkunjung hari ini untuk membicarakan tentang penjajakan Kerjasama, yang terkait dengan program pelaksanaan Pendidikan studi lanjut bagi ASN di pemerintahan kota Padang Panjang melalui skim beasiswa yang disediakan oleh pemerintah untuk kuliah di prodi-prodi magister yang ada di FISIP. Disamping itu juga kami sambut baik dengan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, ujarnya.

Dekan FISIP, Dr. Azwar, M.Si pun memberikan apresiasi yang tinggi terhadap sambutan yang baik dari bapak Walikota sehingga bisa bertemu langsung bertatap muka, walaupun saat ini masih dalam kondisi pandemic covid-19. Lanjutnya, Kerjasama ini untuk mencapai indikator kinerja utama perguruan tinggi yang dituntut untuk meningkatkan peningkatan kapasitas dosen dan mahasiswa melalui berbagai kerjasama yang dijalin, baik nasional maupun internasional. Kerjasama yang terjalin bersama dengan Lembaga-lembaga pemerintahan dan non pemerintahan,” sambung Azwar.

Lebih lanjut dikatakan Dekan FISIP Unand, sebagai lembaga institusi pendidikan saat ini sedang menggalakkan aktivitas kerjasama-kerjasama kepada berbagai lembaga untuk menfasilitasi program-program tri dharma perguruan tinggi dan kegiatan ilmiah lainnya. Azwar berharap, dengan adanya kerjasama diupayakan ada peningkatan kapasitas dosen dan mahasiswa untuk dapat berkontribusi di luar universitas. Hal inilah yang akan dicapai oleh FISIP Unand selama beberapa tahun ke depannya. Selain itu, sambung Azwar, dengan adanya kerjasama ini akan melahirkan berbagai kegiatan ilmiah, seminar, pelatihan dan penguatan kelembagaan antara FISIP dan Pemkot Padang Panjang.  

 

 

 

FISIP Unand- Kamis (27/05). Bertempat di Hotel Mercure Padang pada Pukul 10.00 Wib, Dekan FISIP Universitas Andalas, Dr. Azwar, M.Si melakukan Penandatanganan Nota Perjanjian Kerjasama (MoA) antara FISIP Universitas Andalas dengan Lembaga Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat yang diwakili oleh ketuanya, yaitu Yefri Heriani, S.Sos, M.Si, Kamis (27/05/21).

Dalam sambutannya Dekan FISIP Universitas Andalas, Dr. Azwar, M.Si menyampaikan bahwa penandatanganan MoA yang dilakukan guna menjaga dan mempererat hubungan antara FISIP Universitas Andalas dengan Lembaga Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat.

“Ini merupakan upaya melaksanakan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dengan mengikutkan dosen dan mahasiswa nantinya. Dosen bisa berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan di Lembaga Ombudsman, seperti menjadi staf ahli dan juga bagi mahasiswa bisa ikut dalam kegiatan magang bersertifikat dalam program MBKM,” ungkapnya.

Dekan FISIP Universitas Andalas, Dr. Azwar, M.Si menyampaikan rasa terimakasih kepada Lembaga Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat yang telah menyambut baik kerjasama ini dalam pelaksanaan program-program yang tertuang secara jelas dalam Perjanjian Kerjasama.

 

“FISIP akan mewujudkan fakultas yang tertib administrasi, dengan standar pelayanan publik yang diharapkan dapat melayani masyarakat. Dalam kondisi apapun, FISIP akan berupaya menjadi tolok ukur fakultas di Unand dalam mencegah mal administrasi yang tidak kita harapkan,” sambungnya lagi.

Setelahnya, Ketua Lembaga Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat, Yefri Heriani, S.Sos, M.Si juga memberikan kata sambutannya. Dalam sambutannya Yefri Heriani, S.Sos, M.Si menyampaikan  bahwa acara Penandatangan MoA ini merupakan tanda kerjasama FISIP Universitas Andalas dengan Lembaga Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat.

“Ini merupakan tombak momen dalam sama-sama bekerja membangun tertib administrasi dalam kondisi apapun, dimana saat ini standar pelayanan publik sudah menerapkan sistem digital yang memudahkan pelayanan kepada dosen, mahasiswa dan masyarakat umum lainnya. Namun, pelayanan online ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat, karena masih banyak masyarakat yang belum melek terhadap pelayanan berbasis online.” ungkap Yefri Heriani, S.Sos, M.Si.

Beliau juga menyampaikan harapan kepada FISIP Universitas Andalas, agar nota kesepakatan kerjasama  ini tetap berlanjut. Dengan adanya kerjasama ini berbagai macam potensi penyimpangan administrasi dapat diminimalisir sehingga tata kelola kelembagaan melalui pelayanan publik menjadi lebih baik.

Setelah Dekan FISIP dan Lembaga Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat memberikan kata sambutan, Dr. Azwar, M.Si dan Yefri Heriani, S.Sos, M.Si melakukan Penandatanganan Nota Perjanjian Kerjasama (MoA) dan dilanjutkan dengan kegiatan Bimbingan Teknis Penilaian Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik Tahun 2021.

 

Rangkaian acara ini juga turut dihadiri oleh Rektor Universitas Andalas yang diwakili oleh Ampera Warman sebagai Kabiro Kerjasama Unand, Wakil Dekan I, Dr. Lucky Zamzami, M.Soc.Sc, Diego, S.Kom, M.Si (Koordinator Kerjasama FISIP Unand), Muhammad Ichsan Kabullan, S.IP, MPA (dosen Administrasi Publik FISIP Unand) sebagai narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis Penilaian Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik Tahun 2021, Nila Wahyuni, S.AP, M.AP (Peserta dari FISIP Unand), staf Lembaga Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat, Jurnalis dari AJTI Sumbar (LZ).

FISIP UNAND – Senin (24/05). Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) di tingkat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas (FISIP Unand) kembali diselenggarakan. Dengan mempertimbangkan kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung di Indonesia, kegiatan tahunan kemahasiswaan ini dilaksanakan secara virtual pada tanggal 24 Mei. Pilmapres merupakan rangkaian seleksi mahasiswa berprestasi yang dilakukan secara bertahap mulai dari tingkat jurusan hingga ke tingkat nasional

Haiyyu Darman Moenir, S.IP, M.Si selaku Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan FISIP Unand menegaskan bahwa agenda resmi tahunan ini merupakan kegiatan penting bagi mahasiswa. Pilmapres telah menjadi ajang pertukaran gagasan kreatif serta unjuk kemampuan bagi mahasiswa berprestasi di seluruh Indonesia. Haiyyu berharap pada tahun ini Unand kembali dapat memperoleh hasil yang baik di tingkat nasional. Pada tahun lalu, Bunga Sri Hidayat, mahasiswa berprestasi Unand 2020, mampu memperoleh posisi sebagai salah seorang finalis Pilmapres nasional, ujarnya lebih lanjut.

Rangkaian seleksi mahasiswa di jurusan telah menetapkan 8 (delapan) mahasiswa yang mewakili berbagai jurusan di FISIP Unand. Mereka akan berkompetisi untuk mendapatkan posisi terbaik yang akan mewakili fakultas dalam Pilmapres tingkat universitas. 8 mahasiswa tersebut, yaitu Rifda Hanif Isani (Sosiologi), Vania Rei Syifa (Ilmu Komunikasi), Nugel Dwi Putra (Ilmu Politik), Nindya Raihan (Ilmu Hubungan Internasional), M. Tory Prasetyo (Antropologi), Mellysa Dwi Harni (Antropologi), Faruq El Picasso (Sosiologi), dan Muhammad Saddiq (Ilmu Hubungan Internasional). Penilaian dilakukan berdasarkan tiga komponen, yaitu capaian utama yang dibuktikan dengan sertifikat prestasi, gagasan kreatif dilengkapi dengan poster serta wawancara dalam bahasa Inggris.

Melalui serangkaian tahap seleksi, yang dimulai dari jam 9 pagi hingga jam 10 malam, Pilmapres FISIP Unand 2021 telah mendapatkan tiga peserta terbaik, yaitu Muhammad Saddiq (Ilmu Hubungan Internasional) sebagai juara satu, Nugel Dwi Putra (Ilmu Politik) menempati posisi kedua, dan Rifda Hanif Insani (Sosiologi) yang berada di peringkat ketiga. Otomatis untuk juara 1 akan mewakili Pilmapres di tingkat Universitas yang akan dilaksanakan pada tanggal 26-27 Mei 2021. Pada seleksi ini, Saddiq memaparkan gagasan kreatifnya yang berjudul “Peningkatan Kualitas Pendidikan dalam Mengatasi Ketidakefektifan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh di Nagari Taram dengan Menerapkan Program Teens for Kids”. Sebagai juara pertama, Saddiq mendapatkan kesempatan untuk menjadi perwakilan FISIP Unand pada Pilmapres tingkat universitas yang berlaga dengan representatif fakultas lainnya.

 

Pilmapres FISIP memiliki juri-juri yang melakukan penilaian terhadap Fortofolio, yaitu Dr. Maihasni, M.Si (Kajur Sosiologi),  Kusdarini, S.IP, MPA (Sekjur Administrasi Publik); Gagasan Kreatif (Paper,   Poster,  Video), yaitu Dewi Anggraini, S.IP, M.SI (Sekjur Ipol), Dr. Lucky Zamzami, M.Soc.Sc (Plt. Ilmu Hubungan Internasional), Dr.Yevita Nurti, M.Si (Kajur Antropologi), Dr. Ria Ariany, M.Si (Kajur Administrasi Publik); Wawancara (Indonesia dan Inggris), yaitu Dr. Emeraldy Chatra (Kajur Ilmu Komunikasi, Putiviola Elian Nasir (Dosen Ilmu Hubungan Internasional).

Salah seorang dewan juri, Putiviola Elian Nasir, yang biasa dipanggil Ola, juga merupakan dosen jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIP Unand, mengungkapkan bahwa selama proses seleksi semangat para peserta sangat terasa. Mereka juga memiliki ide yang kreatif serta penyampaian gagasan tersebut disajikan secara menarik dan dengan penuh rasa percaya diri, ujarnya. (IH)

 

 

FISIP UNAND – Jum’at (21/5). Mengawali hari kerja di minggu pertama setelah libur lebaran, FISIP Universitas Andalas menggelar Halal Bi Halal secara virtual dengan menghadirkan Ustad Dr. Fajri Usman, M.Hum. Mengusung tema ‘Tingkatkan Produktifitas dan Kinerja di Masa Pandemi, diikuti oleh segenap keluarga besar FISIP mulai dari unsur Dekan dan Wakil Dekan, dosen, tendik, stakeholder, mahasiswa, beserta alumni yang berlangsung pada Jum’at, 21 Mei 2021 pukul 09.00 WIB pagi.

Dekan FISIP UNAND Dr. Azwar, M.Si dalam kata sambutannya, mengatakan, Halal Bi Halal ini diharapkan menjadi ajang kita untuk terus bersilaturahmi walaupun masih ditengah masa pandemi. Hal inipun harusnya menjadi ajang untuk meningkatkan produktifitas kita dalam bekerja. Dekan FISIP juga mengucapkan selamat hari raya idulfitri 1442 Hijriah. "Taqabalallahu Minna Wa Minkum, Taqabbal Ya Karim, minal aidin walfaizin", mohon maaf lahir dan batin. “Semoga amal ibadah yang dikerjakan selama bulan ramadhan diterima oleh Allah SWT serta mampu mempertahankan amal ibadah yang telah dilaksanakan,” harap Dekan FISIP dalam acara Halal Bi Halal FISIP tersebut.

Dalam gelaran Halal Bi Halal ini, Ustad Dr. Fajri Usman, M.Hum selaku penceramah dan juga salah satu Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas sangat antusias memberikan siraman rohani kepada seluruh civitas akademika FISIP. Dalam untaian ceramahnya, Ustad Dr. Fajri Usman, M.Hum merasa senang atas apa yang dilakukan FISIP UNAND karena memulai hari kerjanya dengan saling bermaaf-maafan, tradisi yang sangat baik dalam mengingat Allah SWT atas karunianya. Hal ini tentu akan membuat hati kita tentram ketika memulai pekerjaan kembali.

Meningkatkan rasa syukur nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT, meskipun terasa berat dalam masa pandemi ini yang juga dirasakan oleh seluruh pelosok di dunia yang juga berdampak pada sektor Pendidikan. Namun seiring kita tingkatkan rasa syukur kita kepada Allah maka nikmat-Nya pun akan semakin terasa didalam hati begitupun dalam kembali bekerja, sehingga rasa syukur bisa memancing meningkatnya kinerja kita dalam bekerja dan semakin produktif, tekannya. (IH)

 

 

FISIP Unand-Selasa (29/04). Museum Etnografi FISIP Universitas Andalas menggelar Pelatihan Pemandu Museum Etnografi yang diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa jurusan Antropologi yang berminat. Pelatihan ini diikoordinir oleh ibu Dr. Maskota Delfi, M.A (Dosen Jurusan Antropologi), yang dilaksanakan selama 2 hari. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di ruangan Museum Etnografi, Lantai 3 Gedung C Jurusan FISIP Universitas Andalas.

Dalam acara pembukaan pelatihan dihadiri oleh Wakil Dekan I FISIP, Dr. Lucky Zamzami, M.Soc.Sc, Ketua Jurusan Antropologi, Dr. Yevita Nurti, M.Si, Koordinator Pelatihan, Dr. Maskota Delfi, M.A, dosen dan tendik jurusan Antropologi dan 15 mahasiswa Jurusan Antropologi sebagai peserta pelatihan pada Selasa (29/04/2021)

Koordinator pelatihan, Dr. Maskota Delfi, M.A mengatakan, pelatihan tersebut digelar untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis mengenai  hal-hal yang terkait dengan Museum Etnografi terutama menjelaskan tentang profil suku bangsa Mentawai. Saat ini Museum Etnografi bertemakan tentang suku bangsa Mentawai, sehingga perlu ada yang bisa menjelaskan lebih lanjut tentang profil ini ke khalayak ramai/pengunjung. Saat ini ada sekitar 15 mahasiswa Antropologi yang berminat menjadi pemandu di Museum ini.

“Harapan saya, melalui pelatihan ini mahasiswa mendapatkan ilmu bagaimana cara menjadi seorang pemandu yang bisa menjelaskan sesuatu kepada orang lain dengan baik. Hal ini juga mesti diimbangi dengan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat berjalan dengan baik” katanya.

Ketua jurusan Antropologi, Dr. Yevita Nurti, M,Si juga menambahkan bahwa agar peserta selama pelatihan selalu menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti pelatihan secara seksama sehingga mampu menguasai teori maupun praktik.

Wakil Dekan I FISIP, Dr. Lucky Zamzami, M.Soc.Sc dalam kata sambutannya mengatakan, berharap kegiatan tersebut jadi bagian dari upaya mahasiswa meningkatkan kapasitas mereka agar bisa memiliki pengalaman dalam pekerjaan nantinya dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Gunakanlah pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, karena di tempat lain pasti tidak ditemukan pelatihan seperti ini, ujar Wakil Dekan I FISIP.

Ia juga berharap kegiatan itu berguna bagi mahasiswa Antropolog. “Jadikanlah pelatihan ini sebagai ajang pembelajaran, tukar menukar pengalaman, dan mempererat jalinan silaturahmi diantara kita,” tuturnya (LZ)

 

 

FISIP Unand – Kamis (22/04) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unand mengadakan kegiatan Workshop Series FISIP yang bertemakan ‘Writing Academic Paper for International and National Journals: A Challenge for Post Graduate Students of Andalas University'. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui media Zoom. Workshop tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan I FISIP, Dr. Lucky Zamzami, M.Soc.Sc, dosen FISIP dan mahasiswa program magister dan doktoral yang berkesempatan hadir  dari berbagai prodi di Lingkungan Universitas Andalas, dengan menghadirkan nara sumber, Dr. Juniator Tulius, M.A dari Nanyang Technological University, Singapura.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan I, Dr. Lucky Zamzami, M.Soc.Sc menyampaikan bahwa mahasiswa program magister dan doktoral diwajibkan membuat minimal 1 buah artikel ilmiah yang berasal dari penelitian tesis/disertasi untuk dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi, minimal Sinta 5 dan juga publikasi pada jurnal Internasional yang bereputasi bagi mahasiswa program Doktoral. Melalui workshop ini diharapkan menghasilkan artikel-artikel yang berkualitas sehingga proses perkuliahan tidak mengalami hambatan. Apabila tidak terbit artikelnya, maka mahasiswa tidak boleh mengikuti ujian Tesis dan otomatis tidak bisa mengikuti wisuda, karena sudah menjadi syarat yang ditetpakan oleh Universitas Andalas, ujar Wakil Dekan I dalam penjelasan lebih lanjut.

‘Workshop ini akan dilaksanakan rutin oleh FISIP sehingga bisa memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi mahasiswa-mahasiswa magister dan doktoral, bagaimana cara menulis artikel ilmiah yang baik dan memenuhi standar jurnal nasional dan internasional, jelas Dr. Lucky Zamzami, M.Soc.Sc.

Monday, 10 May 2021 10:38

Surat Edaran

Written by

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik Tahun 2019, UNDUH

Surat Edaran No. 1/UN16.R/SE/2021 Tentang Ketentuan Penerbitan Surat Tugas dan Pembayaran Uang Lembur bagi Tenaga Dosen dan Tenaga Kependidikan di Lingkungan Universitas Andalas, UNDUH

Surat Edaran No. 2/UN16.R/SE/2021 Tentang Kepala Naskah Dinas dan Cap Dinas di Lingkungan Universitas Andalas, UNDUH