KULIAH UMUM BERSAMA DITJEN DUKCAPIL KEMENDAGRI BUKA RANGKAIAN ACARA DIES NATALIS FISIP KE-28

FISIP UNAND - Dalam rangka Dies Natalis FISIP Unand ke-28, FISIP Unand menggelar kuliah umum bersama Ditjen Dukcapil Kemendagri yaitu Prof.Dr. Zudan Arif Fakhrullah, S.H, M.H pada hari Senin, 28 Juni 2021 pukul 11.00 WIB. Kuliah umum ini dilaksanakan melalui platform zoom meeting yang dihadiri oleh perwakilan dukcapil di seluruh Indonesia, civitas akademik Universitas Andalas, Dekan FISIP Unand serta Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, S.H, M.H. Acara kuliah umum ini memiliki topik “Mendorong Inkluvitas Sistem Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Di Indonesia yang dimoderatori oleh Dr. Syamsurizaldi.

Kuliah umum yang digelar dalam acara Dies Natalis FISIP Unand bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai administrasi kependudukan dalam sistem kampus merdeka di Universitas Andalas, terutama FISIP Unand. Dekan FISIP Unand Dr. Azwar, M.Si dalam kata sambutannya mengatakan bahwa pemilihan topik dari webinar ini dikarenakan perlunya pemahamanan yang lebih baik lagi mengenai manajemen adaptif di lingkungan kampus merdeka, karena manajemen adaptif dapat membuat birokrasi yang lebih mampu melewati krisis pandemi Covid-19. Hal ini juga sesuai dengan yang disampaikan oleh Rektor Universitas Andalas mengenai topik yang dipilih bahwa topik tersebut sangat relevan dengan kondisi Unand yang sedang berada di dalam status peralihan.

Ditjen Dukcapil Kemendagri memaparkan materi seputar sistem layanan administrasi kependudukan di tengah masa pandemi serta metode-metode yang efektif untuk digunakan dalam melakukan administrasi kependudukan serta komponen pelaksanaan pelayanan dari Dukcapil. Materi yang disampaikan berhasil mendapatkan antusias dari partisipan yang hadir di dalam zoom meeting tersebut. Hal ini terlihat dari banyaknya partisipan yang ingin bertanya kepada Bapak Ditjen Dukcapil Kemendagri. Kuliah umum dalam rangka Dies Natalis FISIP Unand ke-28 ini diakhiri dengan foto bersama seluruh partisipan yang ada di zoom meeting. Kuliah umum ini resmi berakhir pada pukul 12.41 WIB yang ditutup oleh Master Of Ceremonial yaitu Eda Elysia. (AD)