""

LAKSANAKAN SECARA LURING, PROGRAM MAGISTER ILMU KOMUNIKASI FISIP UNAND WORKSHOP PENYUSUNAN ROADMAP PENELITIAN

FISIP UNAND - Dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi bagi dosen, yaitu melaksanakan penelitian, Program Magister Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas (Unand) mengadakan Workshop dengan tema “Workshop Penyusunan Roadmap Penelitian dan Pengabdian Program Magister (Promag) Ilmu Komunikasi”. Workshop ini diadakan pada hari Jum’at, 26 November 2021 jam 08.00-16.00 di Ruang Sidang Pascasarjana FISIP Universitas Andalas, yang beralamat di Jl. Situjuah, Jati Kota Padang. Workshop ini dinarasumberi oleh Bapak Dr.-Ing. Ir. Uyung Gatot Syafrawi Dinata, M.T.selaku Ketua LPPM Univrsitas Andalas yang memang merupakan Nahkoda utama riset di Unand.

Workshop ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kualitas penelitian yang lebih terarah di lingkungan Jurusan Ilmu Komunikasi yang menjadi induk program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Andalas, dalam rangka memberikan solusi perubahan bagi kehidupan masyarakat. Sambutan Workshop ini dibuka oleh Koordinator  Promag Ilmu Komunikasi Universitas Andalas Ibu Dr. Ernita Arif, M.Si, dengan dihadiri ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Dr. Sarmiati, M.Si, dengan peserta dosen-dosen di Jurusan Ilmu Komunisi FISIP Universitas Andalas, yakni Vitania Yulia, MA, Revi Marta, M.I.Kom, Alna Hanana, M.Sc, Annisa Anindya, M.Si, Novi Elian, M.Si, Ilham Havifi, M.I.Kom, dan turut hadir juga Wakil Dekan II FISIP Universitas Andalas dalam workshop roadmap penelitian dan pengabdian ini.

Sesuai dengan tema workshop, Dr. Uyung menyampaikan bahwa seorang dosen harus mampu mengembangkan ipteks dan dituntut agar lebih inovatif, mempunyai pola pikir yang kritis, dan kreatif, serta mampu memanfaatkan penelitian untuk perubahan yang lebih maju dan terdepan. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan dukungan dari institusi. Promag harus mempunyai roadmap penelitian yang jelas dan terarah sesuai dengan bidang minat atau Kelompok Bidang Keahlian yang ada. Dari workshop ini diharapkan Program Magister Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas segera merumuskan dan menetapkan roadmap penelitiannya yang bisa menjadi acuan bagi semua dosen-dosen dalam melakukan penelitian dan membangun kerjasama untuk masa yang akan datang. (IH)