""

FISIP UNAND WADAHI MAHASISWA PELATIHAN: STRATEGI LOLOS PKM NASIONAL

FISIP UNAND - Dalam rangka peningkatan mutu dan keterampilan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas melaksanakan Webinar Program Kreativitas Mahasiswa atau biasa dikenal dengan sebutan PKM, dengan mengusung materi Strategi Lolos PKM Nasional berlangsung pada Senin, 29 November 2021 melalui Virtual Zoom.

Kegiatan ini dihadiri oleh  Haiyyu Darman Moenir, S.IP, M.Si selaku Wakil Dekan III FISIP yang memberikan kata sambutan dan sekaligus membuka acara webinar ini. Penanggung jawab kegiatan, Resti Fajria selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik. Narasumber dari kegiatan ini dihadiri oleh dua orang  yaitu Amaliyah, S.H, M.H (Dosen Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin) dan Rismayanti, S.H (Alumni Mahasiswa Fakultas Hukum dan Peserta PIMNAS Tahun 2018, Universitas Hasanuddin).

Haiyyu Darman Moenir, S.IP, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan penulisan proposal PKM diselenggarakan agar minat mahasiswa khususnya mahasiswa FISIP dalam penulisan proposal meningkat karena kegiatan ini sangat bermanfaat  untuk menunjang kreativitas mahasiswa, ungkapnya.

Memang program kreativitas mahasiswa ini bermanfaat bagi mahasiswa untuk mengasah kreativitas, mengasah menulis dan menyampaikan serta menuangkan ide, mendapat pengalaman, mendapat pengakuan, dan mendapat kenalan atau koneksi dan yang paling besar manfaatnya ialah membantu membangun Indonesia atau daerah setempat melalui ide-ide kreatif yang dimiliki.Setiap mahasiswa lulusan perguruan tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill. Dengan adanya kegiatan PKM yang ditujukan kepada mahasiswa ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi serta mampu objektif dan kooperatif. Objek menarik yang tertarik untuk PKM saat ini tentang budaya atau adat istiadat.

Amaliyah, SH, MH selaku narasumber dalam webinar ini mengatakan pentingnya pemahaman karakteristik umum dari PKM ini dimana PKM tidak dibatasi dan diutamakan topik yang bersifat kekinian atau yang mengandung SDG’s, mahasiswa diajak menuju kampus merdeka belaja dan mahasiswa diajak belajar diluar kampus. Misalnya berinteraksi dengan masyarakat, ujarnya.

Dengan mengikuti PKM ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan HOTS atau pemikiran kritis terhadap isu atau permasalahan sosial yang terjadi disekitar kita. Berbagai jenis PKM yang dapat diikuti, seperti PKM riset, PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian Kepada Masyarakat, PKM Penerapan IPTEK, PKM Karsa Cipta, dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif. Proposal Riset dan Proposal Pengabdian Masyarakat merupakan proposal yang menarik dan paling banyak diangkat temanya dalam proposal PKM. Segala hal yang bisa untuk penjualan atau bernilai jual itu akan masuk di PKM Kewirausahaan.