""

FISIP UNAND - Museum Etnografi Andalas menyelenggarakan kegiatan Live Brainstorming with UGM Students dengan topik Pekan Kreativitas Mahasiswa-Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH). Bertempat di Ruang Sidang Dekanat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jumat 17 Juni 2022,  Dr. Azwar, M.Si. selaku Dekan membuka secara resmi dengan apresiasi tinggi kepada mahasiswa UGM yang bersedia membagikan pengalamannya mengikuti program PKM. Lebih lanjut, beliau berharap dengan adanya sharing ini mahasiswa lebih bersemangat dan persiapan lebih matang dalam mengikuti program-program peningkatan kompetensi.

Sesi sharing dipandu oleh Dr. Maskota Delfi, M.Hum. kemudian mempersilakan Moch Zihad Islami dan Aza Khiatun Nisa yang merupakan mahasiswa Universitas Gajah Mada penerima bantuan PKM-RSH untuk menyampaikan paparannya. Muatan presentasi masing-masing pemateri yang akrab disapa Mas Zihad dan Mba Aza berkenaan gambaran umum program PKM dan kiat-kiat agar dapat lolos pendanaan. Menurut Mas Zihad, mengikuti kegiatan PKM sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam mengasah kemampuan kerja tim dan penghayatan dibidang ilmunya.

Ruang berbagi informasi dan hal-hal penting terkait program PKM diwadahi dengan dibentuknya PKM Center ditingkat Universitas dan PKM Corner ditingkat Universitas, sambung Mas Zihad. Menurut Wakil Dekan II Bidang Akademik Dr. Lucky Zamzami, M.Soc.Sc. yang juga turut hadir menyaksikan bahwa ihwal PKM Corner menjadi catatan penting untuk Fisip Unand. Sinergitas antara bidang kemahaswaan, dosen pendamping dan mahasiswa hendaknya berjalan baik agar mengoptimalkan peran serta mahasiswa dalam program PKM.

Kiat-kiat agar dapat lolos program pendanaan penelitian Dikti menurut Mas Zihad dan Mba Aza adalah mahasiswa harus punya niat, semangat dan kebulatan tekad untuk belajar. Niat semangat dan tekad yang kuat menjadi dasar mahasiswa melangkah menuju arena kompetisi. Selain itu rasa tanggungjawab dan solidaritas tim perlu dipupuk agar terciptanya lingkungan kerja yang baik, lalu ditutup dengan permohonan doa kepada Tuhan YME. Sesi sharing ditutup dengan penyerahan plakat oleh Dr. Lucky Zamzami, M.Soc.Sc. kepada Pembicara sebagai cindera mata.

FISIP UNAND – Senin (06/06/22). Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) di tingkat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas (FISIP Unand) kembali diselenggarakan. Dengan mempertimbangkan kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung di Indonesia, kegiatan tahunan kemahasiswaan ini dilaksanakan secara luring pada tanggal 6 Juni 2022 di ruang siding dekanat lantai 2 FISIP Universitas Andalas. Pilmapres merupakan rangkaian seleksi mahasiswa berprestasi yang dilakukan secara bertahap mulai dari tingkat jurusan hingga ke tingkat nasional

Haiyyu Darman Moenir, S.IP, M.Si selaku Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan FISIP Unand menegaskan bahwa agenda resmi tahunan ini merupakan kegiatan penting bagi mahasiswa. Pilmapres telah menjadi ajang pertukaran gagasan kreatif serta unjuk kemampuan bagi mahasiswa berprestasi di seluruh Indonesia. Haiyyu berharap pada tahun ini Unand kembali dapat memperoleh hasil yang baik di tingkat nasional. Pada tahun lalu, Muhhamad Siddiq dari Ilmu Hubungan Internasional, mahasiswa berprestasi Unand 2021, mampu memperoleh posisi sebagai salah seorang finalis Pilmapres nasional, ujarnya lebih lanjut.

Rangkaian seleksi mahasiswa tingkat fakultas tahun 2022 ini telah menetapkan 12 (dua belas) mahasiswa yang mewakili berbagai jurusan di FISIP Unand, cukup banyak dan mengalami peningkatan peserta dari tahun 2021. Mereka akan berkompetisi untuk mendapatkan posisi terbaik yang akan mewakili fakultas dalam Pilmapres tingkat universitas. Penilaian dilakukan berdasarkan tiga komponen, yaitu capaian utama yang dibuktikan dengan sertifikat prestasi, gagasan kreatif dilengkapi dengan poster serta wawancara dalam bahasa Inggris.

Melalui serangkaian tahap seleksi, yang dimulai dari jam 9 pagi hingga jam 10 malam, Pilmapres FISIP Unand 2021 telah mendapatkan tiga peserta terbaik, yaitu Deby Rahmawati Putri dari jurusan Hubungan Internasional sebagai juara satu dengan perolehan poin tertinggi 718,5, dilanjutkan oleh Putri menempati posisi kedua, dan Hanif Restian P dai Jurusan Ilmu Politik yang berada di peringkat ketiga. Otomatis untuk juara 1 akan mewakili Pilmapres di tingkat Universitas. Sebagai juara pertama, Deby mendapatkan kesempatan untuk menjadi perwakilan FISIP Unand pada Pilmapres tingkat universitas yang berlaga dengan representatif fakultas lainnya.

Pilmapres FISIP memiliki juri-juri yang melakukan penilaian terhadap Fortofolio, yaitu Dr. Maihasni, M.Si (Kajur Sosiologi),  Kusdarini, S.IP, MPA (Sekjur Administrasi Publik); Gagasan Kreatif (Paper,   Poster,  Video), yaitu Dewi Anggraini, S.IP, M.SI (Sekjur Ipol), Dr. Elfitra, M.Si (Ketua Jurusan Ilmu Hubungan Internasional), Dr.Yevita Nurti, M.Si (Kajur Antropologi), Dr. Ria Ariany, M.Si (Kajur Administrasi Publik); Wawancara (Indonesia dan Inggris), yaitu Diego, M.I.Kom (Sekjur Ilmu Komunikasi, Bima Jhon Nanda (Dosen Ilmu Hubungan Internasional).

Salah seorang dewan juri, Diego, M.I.Kom, juga merupakan sekretaris jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unand, mengungkapkan bahwa selama proses seleksi semangat para peserta sangat terasa. Mereka juga memiliki ide yang kreatif serta penyampaian gagasan tersebut disajikan secara menarik dan dengan penuh rasa percaya diri, ujarnya. (IH)

 

FISIP Unand — Guna menyemarakkan dies natalis FISIP Universitas Andalas (Unand) yang ke-29 tahun, Jurusan Antropologi menggelar Seminar dan Pameran Etnografi Mentawai. Kegiatan yang bertempat di Museum Etnografi Andalas, Gedung C, FISIP Unand ini resmi dibuka pada Selasa, 17 Mei 2022.

Selaras dengan tajuknya, Seminar dan Pameran Etnografi Mentawai mengajak peserta dan pengunjung untuk mengenal lebih dekat dengan seluk-beluk kebudayaan Mentawai. Tidak tanggung-tanggung, kegiatan ini akan digelar selama tiga hari ke depan, yakni hingga Kamis, 19 Mei 2022.

Adapun acara pembukaan dihadiri oleh unsur pimpinan fakultas, yaitu Dr. Azwar, M.Si. (Dekan FISIP Unand), Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si. (Wakil Dekan II FISIP Unand), Sidarta Pujiraharjo, M.Hum. (Sekretaris Jurusan Antropologi FISIP Unand), serta Dr. Maskota Delfi, M.Hum. selaku koordinator kegiatan. Selain itu, turut hadir sebagai undangan, Prof. Sawirman (Kepala UPT Unand), Dra. Izatti (Pengamat Museum), dan Dr. Wurdaningsih dari Universitas Negeri Padang (UNP).

Dalam acara pembukaan tersebut, Dr. Azwar, M.Si. berharap agar Seminar dan Pameran Etnografi Mentawai ini dapat berjalan lancar. Selain menjadi rangkaian kegiatan dalam menyemarakkan dies natalis, menurutnya, kegiatan ini juga menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan Museum Etnografi Andalas.

Sebagai informasi, Museum Etnografi Andalas merupakan museum yang berisikan informasi terkait kehidupan masyarakat Mentawai. Tidak hanya itu, museum ini juga menampilkan berbagai koleksi kebudayaan asli Mentawai. Sejak diresmikan pada 4 Desember 2019 lalu, museum ini telah mengadakan berbagai kegiatan dan dilibatkan sebagai media dalam proses belajar mengajar di Universitas Andalas.


FISIP UNAND - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas (Unand) Padang bertekad menjadi fakultas terdepan dalam pengembangan ilmu sosial dan politik di Asia Tenggara.

“Kami memiliki visi menjadi fakultas yang bermartabat dan terkemuka di Asia Tenggara di bidang sosial, politik dan budaya serta berperan aktif dalam membangun bangsa lewat proses pendidikan, penelitian dan pengabdian,” kata Dekan FISIP Unand Dr Azwar di Padang, Jumat (13/5).

Ia menyampaikan hal itu pada rapat senat terbuka peringatan Dies Natalis FISIP Unand ke-29 pada 13 Mei 2022.

Menurut dia, untuk mewujudkan visi tersebut sudah dituangkan dalam rencana strategis 2020-2024.

Untuk mewujudkan fakultas yang siap bersaing di kancah internasional saat ini sudah ada tujuh orang mahasiswa asing yang menuntut ilmu di sini berasal dari China, Madagaskar, Suriname, Thailand dan Sudan.

Azwar memaparkan saat ini FISIP Unand memiliki enam jurusan yang terakreditasi BAN PT yaitu Sosiologi, Antropologi, Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional dan Administrasi Publik.

Dari enam jurusan tersebut empat diantaranya sudah memiliki akreditasi A dan tinggal Jurusan Hubungan Internasional dan Administrasi Publik memiliki akreditasi B.

Selain itu saat ini FISIP Unand juga telah membuka prodi magister sosiologi, antropologi, ilmu politik, ilmu komunikasi dan program doktor studi kebijakan.

Kemudian saat ini FISIP Unand memiliki 92 dosen dengan perincian 34 orang atau 37 persen bergelar doktor, 58 orang atau 63 persen magister.

“Dari 58 orang tersebut saat ini 18 orang juga sedang menempuh studi S3 dan empat orang sudah menyandang gelar guru besar,” kata dia.

Ia menyampaikan pada 2022 FISIP Unand akan menambah dua guru besar lagi.

Untuk pencapaian akademik minat calon mahasiswa untuk kuliah di FISIP Unand cukup tinggi terutama jurusan Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional dan Administrasi Publik dengan peminat di atas 1.000 orang.

Sedangkan untuk pencapaian prestasi akademik pada 2022 terdapat dua dosen yang meraih penghargaan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yaitu Prodf Afrizal selaku dosen berprestasi di bidang publikasi dan Yesi Puspita sebagai dosen dengan prestasi HAKI terbanyak.

Terkait sarana penunjang perkuliahan saat ini terdapat laboratorium pembelajaran, televisi dan radio.

Sementara Wakil Rektor Unand Prof Mansyurdin mengucapkan selamat atas Dies Natalis FISIP ke 29.

Ia mendorong peningkatan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu lewat peningkatan kualitas kurikulum yang relevan. Sumber: FISIP Unand Bertekad Jadi Fakultas Terkemuka di Asia Tenggara - Portal Berita Singgalang (hariansinggalang.co.id)

Marhaban ya Ramadhan, dalam rangka memperingati Nuzul Qur'an 17 Ramadhan 1443 H, FISIP Universitas Andalas mempersembahkan :

"Semarak Ramadhan, FISIP bergema bersama Al-Qur'an"

Hadirilah Semaraknya Al-Qur'an di Musholla Ar-Rasyid FISIP Universitas Andalas pada hari Selasa/19 April 2022 dengan agenda :

?Tabligh Akbar bersama Buya Mas'oed Abidin (Imam Besar MUI Sumbar)
?MTQ tingkat Dosen dan Mahasiswa
?Ifthar Jama'i, berbuka bersama dan menerima donasi hantaran berbuka bersama di Mushola Ar-Rasyid FISIP
?Ditutup dengan Tarawih bersama.

Allah SWT berfirman :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ.

Yang artinya: Bulan Ramadhan, bulan yang di padanya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (QS. Al Baqarah: 185).

 

Friday, 01 April 2022 14:53

Laporan Wisuda 5 tahun 2021

By operator
Friday, 01 April 2022 14:52

Laporan Wisuda 4 tahun 2021

By operator
Friday, 01 April 2022 14:51

Laporan Wisuda 3 tahun 2021

By operator
Friday, 01 April 2022 14:37

Laporan Wisuda 2 2021

By operator
Friday, 01 April 2022 14:26

Laporan Wisuda I tahun 2021

By operator