FISIP UNAND - FISIP Universitas Andalas melakukan penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Universitas Komputer Indonesia secara virtual melalui aplikasi Zoom, Sabtu Pagi (24/7/2021). Penandatangan MoA ini terkait pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) degan tema "To be a Professional, Challenges of Communications Scientist in New Normal Era" yang merupakan bagian dari  kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang akan dilakukan oleh kedua pihak guna tercapainya program pendidikan,  pelatihan, magang, seminar/ konferensi, loka karya, penelitian publikasi ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat dalam program  Merdeka Belajar- Kampus Merdeka. Salah satu implementasi dari MoA adalah dengan kegiatan Pengadian Masyarakat yang dilakukan pada hari yang sama yang dimulai oleh FISIP UNIKOM dibawah Prodi Imu komunikasinya. dan di rencakan bulan Oktober mendatang Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNAND akan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai lanjutan kerjasama.

Menurut Dekan FISIP UNIKOM, Assoc. Prof. Dr. Lilis Puspitawati, SE., M.Si. Ak.CA kegiatan ini merupakan langkah untuk membuat perjajian kerjasama antara prodi, fakultas, sampai ditingkat universitas. Kedua belah pihak setuju melakukan kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja,” ujar Lilis. Ibu Lilid menjelaskan, “Dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Prodi Ilmu Komunikasi UNIKOM dengan Prodi Ilmu Komunikasi UNAND, kami langsung gerak cepat menjalin kerja sama dengan FISIP Universitas Andalas, namun sebelumnya memang sudah ada usaha penjajagan untuk mewujudkan kerjasama ini. Selain menjalin kerja sama dengan FISIP Universitas Andalas, jelasnya.     

Jalinan kerjasama ini disambut hangat FISIP Universitas Andalas, seperti yang disampaikan Dekan FISIP Unand. Menurut Dr. Azwar, M.Si, selain membuka acara kegiatan MoA dan Pengabdian Kepada Masyarakat antar Prodi dan Fakultas ini, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Azwar mengatakan dengan jalinan kerjasama dan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat bersama ini diharapkan bisa menjadi upaya untuk memajukan Fakultas kearah yang lebih maju, ujar Dekan FISIP UNAND dengan balutan pantunnya. Kegiatan penandatangan MoA ini dihadiri juga oleh Pimpinan Fakultas, Ketua-Ketua Jurusan di Lingkungan FISIP Unand dan FISIP UNIKOM, Dosen-Dosen dan juga Tenaga Kependidikan masing-masing fakultas. (IH)