""

Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia kembali membuka Program Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri Tahun 2021.

Program ini merupakan salah satu wujud komitmen Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk pengembangan kapasitas sumber daya manusia khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Program Beasiswa ini terbuka bagi aparatur pemerintah Pusat maupun Daerah termasuk TNI dan POLRI dan juga masyarakat umum dari instansi swasta.

Sebagai bentuk kebijakan di masa pandemi COVID-19, metode pembelajaran Program Beasiswa S2 Dalam Negeri mengikuti kebijakan pemerintah. Sedangkan pemberangkatan penerima beasiswa Program Beasiswa S2 Luar Negeri akan mempertimbangkan kondisi perkembangan pandemi, kebijakan pemerintah dan perguruan tinggi di negara tujuan studi serta metode pembelajaran yang akan digunakan.

Dalam hal kebijakan perguruan tinggi dan Negara tujuan studi menggunakan metode pembelajaran distance learning atau memberlakukan pembelajaran daring, penerima beasiswa akan mengikuti proses pembelajaran di kota domisili masing-masing atau sesuai ketentuan yang diberlakukan.

A. PROGRAM BEASISWA S2 DALAM NEGERI KEMENTERIAN KOMINFO TA 2021

Persyaratan Umum Program Beasiswa S2 Dalam Negeri:

  1. Masa kerja minimum 2 tahun; 

  2. Belum memiliki gelar S2 dan tidak sedang mengikuti program pendidikan S2
dari lembaga lain; 

  3. Persyaratan lainnya mengikuti persyaratan masing-masing Perguruan Tinggi yang dipilih; dan 

  4. Pendaftar beasiswa hanya diperkenankan untuk mendaftar pada kelas 
regular. 


Persyaratan Khusus untuk Pegawai Negeri Sipil:

  1. Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada instansi pemerintah Pusat dan Daerah, TNI/POLRI berstatus aktif;
  2. Masa kerja minimum 2 tahun (terhitung sejak menjadi CPNS bagi pendaftar dari PNS); 

  3. Berusia maksimum 37 tahun pada saat mendaftarkan diri; 

  4. Bagi PNS di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), berusia 
maksimum 42 tahun pada saat mendaftarkan diri. Daftar daerah 3T mengacu pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2020 Tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2020 - 2024 tanggal 27 April 2020 dan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2017 Tentang Penetapan Pulau-Pulau Kecil Terluar tanggal 2 Maret 2017; 

  5. Mendapatkan izin dan rekomendasi dari pejabat berwenang (minimum pimpinan instansi setingkat Eselon II) di instansi yang bersangkutan untuk menjalani pendidikan; 

  6. Persyaratan standar IPK minimal 3,00 untuk bidang komunikasi dan Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan serta minimal 2,90 untuk bidang informatika; 

  7. Tidak ditujukan bagi PNS dengan jabatan fungsional pengajar pada instansi sektor pendidikan; dan 

  8. Persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk mengikuti Program Beasiswa S2 Ilmu Komunikasi adalah tugas dan fungsinya terkait dengan pelayanan informasi dan kehumasan pemerintah dan persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk mengikuti Program Beasiswa Informatika, adalah tugas dan fungsinya terkait dengan tata kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)/Keamanan Informasi serta persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk mengikuti Program Beasiswa S2 Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan adalah tugas dan fungsinya terkait dengan pembuatan kebijakan di instansi yang bersangkutan. 


Persyaratan Khusus untuk Masyarakat Umum:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI); 

  2. Usia maksimum pelamar 33 tahun pada saat mendaftarkan diri; 

  3. Latar belakang pekerjaan di sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi dan
pelaku startup lokal; 

  4. Masakerjaminimum2tahun; 

  5. Mendapatkan izin dari pimpinan yang berwenang untuk menjalani pendidikan; 

  6. Menyertakan surat keterangan anjuran atau surat rekomendasi dari pimpinan, 
dosen atau tokoh lain yang memiliki kredibilitas; 

  7. Persyaratan standar IPK minimal 3,00 untuk bidang komunikasi dan 
Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan serta minimal 2,90 untuk bidang 
informatika; dan 

  8. Persyaratan lainnya mengikuti persyaratan masing-masing Perguruan Tinggi 
yang dipilih. 


Informasi Lengkap dapat diunduh di sini

Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH berpesan kepada pengelola Program Doktor Studi Kebijakan FISIP Universitas Andalas untuk segera menyiapkan akreditasi program studi ini dalam kegiatan Pembukaan Orientasi Kampus dan Kuliah Umum melalui virtual pada Kamis, 21 Januari 2021 yang lalu. Kegiatan ini sekaligus membuka secara resmi Perkuliahan Doktor Studi Kebijakan pada Semester Genap Tahun Akademik 2020-2021. Untuk Batch 1 ini terdapat 11 orang mahasiswa baru Program Doktor Studi Kebijakan dari berbagai latar belakang seperti Birokrat, Akademisi, Politisi dan bahkan yang berprofesi sebagai wali nagari.  Dalam kesempatan itu, Rektor Universitas Andalas mengapresiasi kehadiran program studi doktor ini agar menjadi pusat kecemerlangan (center of excellent) di regional Sumatera dengan terus meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga menghasilkan doktor baru di bidang studi kebijakan. “Sebagai Prodi baru tentu kita berharap pengelola prodi ini untuk segera mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan akreditasi Prodi ini sebelum meluluskan doktornya. Jadi dalam dua tahun ke depan, Prodi S3 ini sudah mendapat status akreditasinya.” Ucap Yuliandri.

Pada kesempatan itu, Plt. Ketua Program Doktor Studi Kebijakan, Dr. Asrinaldi, M.Si juga berharap dukungan dari semua pihak, terutama pimpinan universitas dan fakultas agar proses perkuliahan bisa berjalan dengan baik dan berkualitas. “Sebagai Prodi baru, tentu saya berharap adanya perhatian dari pimpinan universitas dan fakultas untuk bisa memfasilitasi kebutuhan kami agar proses belajar-mengajar bisa diselenggarakan dengan standar mutu yang ada” kata Asrinaldi. Rangkaian pembukaan perkuliahan Program Doktor Studi Kebijakan ini diakhiri dengan pelaksanaan Kuliah Umum yang diberikan oleh Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni dari Universitas Sebelas Maret yang juga menjadi dosen tidak tetap di Prodi ini dengan tema Paradigma Baru Studi Kebijakan: Meningkatkan Efektifitas Kinerja Kebijakan Di Era Pandemi Covid-19. Kuliah umum ini juga diikuti oleh mahasiswa di FISIP Universitas Andalas dan mahasiswa dari luar Universitas Andalas yang menghadiri perkuliahan secara daring.

Program Doktor Studi Kebijakan ini mendapatkan izinnya sejak November 2020 dari Kementarian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Saat ini terdapat lima Program Studi Magister dan satu Program Doktor di Pascasarjana FISIP Universitas Andalas. “Tentu kita akan terus mengembangkan program studi di level doktor ini di masa mendatang. Misalnya, saat ini FISIP sedang menyiapkan Program Doktor Sosiologi yang diharapkan tahun depan sudah bisa diterbitkan izinnya oleh pihak kementrian.” Ucap Dr. Azwar Dekan FISIP Unand yang sekaligus menutup kegiatan ini.

Thursday, 10 December 2020 11:33

Pengisian Pangkalan Data Mahasiswa FISIP

Dalam rangka mewujudkan keterpaduan informasi mahasiswa, FISIP merancang pangkalan data, dimana dalam pangkalan data ini akan berisi data-data yang berkaitan dengan Beasiswa, Prestasi, Kegiatan Kemahasiswaan, 

Berikut ini Link yang akan diisi sesuai data yang berkaitan dengan mahasiswa:

1. Survey Calon Penerima KIP-Kuliah

2. Data Prestasi Mahasiswa

3. Data Publikasi Ilmiah di Jurnal Bereputasi/ Publikasi di Media Massa

4. Data Beasiswa 

5. Data Mahasiswa yang Berwirausaha

Jum'at, 20/11/2020 Visitasi Akreditasi Assesment Lapangan Daring, Prodi Magister Ilmu Komunikasi FISIP Unand oleh tim Asesor BAN PT. Hadir sebagai tim asesor Dr. Muhamad Sulhan, SIP, M.Si dari Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UGM dan Dra. Prahastiwi Utari, M.Si, Ph.D dari Ilmu Komunikasi UNS. Semoga visitasi ini bisa membuahkan hasil prodi Magister Ilmu Komunikasi Unand meraih akreditasi "A". Begitulah target yang diiginkan FISIP UNAND ke Prodi Magister Ilmu Komunikasi FISIP Unand.

Menariknya kegiatan visitasi daring ini merupakan yang pertama di FISIP UNAND dan di Prodi sendiri, karena selama ini visitasi dari BAN-PT berlangsung secara luring (off line), dimana kegiatan visitasi itu berlangsung dua hari. Mulai Jumat hingga Sabtu (20-21/11/2020).

Menjawab pertanyaan asesor tentang keterlibatan pemangku kepentingan dalam kegiatan Kapromag S2 ilmu KomunikasiFISIP UNAND Ibu Dr. Ernita Arif, M.Si menampilkan data keterlibatan stakeholders yang jugs melibatkan alumni dan pengguna para alumni tersebut. “Alumni dan pengguna alumni FISIP-UNAND dilibatkan dalam berbagai kegiatan seperti penyusunan visi dan misi,” sambil menampilkan dokumentasi kegiatan forum group discussion (FGD) stakeholders fakultas itu.

 

Kamis (1/10/2020) Jurusan Ilmu Komunikasi melaksanakan Seminar Nasional secara Virtual Conference dengan tema Komunikasi dan Transformasi (KONTRA), yang mengusung “Komunikasi dan Transformasi Menuju Digital Society 5.0”.

Virtual Conference KONTRA ini memberikan ruang untuk karya-karya terbaik di bidang Ilmu Komunikasi yang diseminarkan dan dibahas bersama pakar-pakar Ilmu Komunikasi. Konferensi nasional virtual ini diadakan pada hari Kamis, 1 Oktober 2020 melalui Virtual Zoom. Narasumber yang dihadirkan antara lain :

  1. Prof. Deddy Mulyana, MA (Guru Besar FIKOM Universitas Padjajaran)
  2. Yuliandre Darwis, Ph.D (Komisioner KPI)
  3. Dr. Puji Lestari, M.Si ( Akademisi Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional "Vetaran" Yogyakarta)
  4. Romo Dr. J Haryatmoko SJ (Akademisi Komunikasi Universitas Soneta Dharma)
  5. Dr. Rully Nasrullah, M.Si (Akademisi Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah)

Moderator: Dr. Ernita Arif, M.Si

dan dilanjutkna dengan kelas panelis yang diikuti oleh 40 peserta seminar KONTRA dan berlangsung meriah. Virtual Conference KONTRA ini bisa disaksikan juga melalui youtube JRK berikut KLIK DISINI

 

 

RUNDOWN WEBINAR NASIONAL “KONTRA”

KAMIS, 01 OKTOBER 2020 PUKUL 09.00-12.00 WIB

VIA ZOOM MEETING

Waktu

Kegiatan

Penanggung Jawab

Pelaksana

07.30 – 08.00

Peserta melakukan join dengan ID dan password yang sudah dibagikan panitia

Host : Ilham Havifi, M.I.Kom

 

08.00 - 08.05

Opening Ceremony oleh MC

MC

Himni

Irham

08.05 - 08.10

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Host

 

08.10 - 08.20

Berdoa

Divisi Acara

Rinaldi, M.I.Kom

08.20 - 08.25

Laporan Ketua Pelaksana

Ketua Pelaksana

Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si

08.25-08.35

Arahan dari Penyelenggara Acara

Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi

Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom

08.35-08.40

Sambutan Dekan FISIP UNAND

Lo

Dekan

Dr. Azwar, M.Si

08.40 - 08.45.

Konferensi dimulai oleh moderator serta pengenalan keynote speaker kepada peserta

Moderator

Dr. Ernita Arif, M.Si

08.45- 09.00

Keynote Speaker 1 ;

Prof. Deddy Mulyana

LO

Divisi Digital & Virtual

Prof. Prof. Deddy Mulyana

09.00 - 09.15

Keynote Speaker 2 ;

Yuliandre Darwis, Ph.D

LO

Divisi Digital & Virtual

Yuliandre Darwis, Ph.D

09.15 - 09.30

Keynote Speaker 3 ;

Dr. Puji Lestari, M.Si

 

LO

Divisi Digital & Virtual

Dr. Puji Lestari, M.Si

 

09.30 – 09.45

Persembahan Hiburan

LO

Bu Yesi Puspita

Tim Akustik

09.45- 10.00

 

Keynote Speaker 4 ;

Romo Dr J Haryatmoko SJ

LO

Divisi Digital & Virtual

Romo Dr J Haryatmoko SJ

10.00- 10.15

 

Keynote Speaker 5 ;

Dr. Rully Nasrullah

LO

Divisi Digital & Virtual

Dr. Rully Nasrullah

10.15-10.25

 

Persembahan Hiburan

LO

Bu Yesi Puspita

Tim Akustik

10.25-11.25

 

Sesi Diskusi

 

Divisi Digital & Virtual

Divisi Acara

Moderator

Dr. Ernita Arif, M.Si

11.25-11.45

Penutup dan Foto Bersama

MC

 

13.00 – 17.50

Sesi Paralel Ruang Virtual

LO

Divisi Digital & Virtual

Divisi Acara

Divisi Kesekretariatan

 

 

Rundown Kelas Paralel Virtual

KONTRA

“Komunikasi dan Transformasi”

 

Tema                           :      Komunikasi tentang Covid-19 dan New Normal

Moderator                  :      Dr, Sarmiati, M.Si

Host                            :     

Jadwal                         :      Sesi 1 (13.30-15.30)

Zoom Meeting          :

 

No.

Judul

Pemateri

1

Pola Komunikasi Pemerintah Provinsi Dki Jakarta Mengenai Kasus Covid-19 (Analisis isi Website Pemda DKI https://corona.jakarta.go.id/id periode Maret - Juni 2020)

1. Mia Dwianna Widyaningtyas

2. Deviani Setyorini

2

Analisis Penyebab Tidak Maksimalnya Adaptasi Kebiasaan Baru di Tengah Pademic Covid-19

Yesi Isnaini Rachmah

3

Penerapan Komunikasi Pemerintah Provinsi Sumbar Terhadap  Adaptasi Kebiasaan Baru  Dalam Pencegahan Dan Pengendalian  Corona Virus Disase 2019 

Lisa Kurnia,S.Sos

4

Kebijakan Pemerintah dalam Pemenuhan Hak Informasi Sebagai Pemenuhan Hak Asasi Manusia di Masa Covid 19

Laurensius Arliman

5

Konsumsi media pada ibu-ibu hamil di masa Pandemi covid-19

1. Vitania Yulia

2. Ghina Novarisa

6

Peran Aktor Komunikasi sebagai Fasilitator Literasi Media Ramah Difabel Menghadapi Covid19

1. Annisa Anindya,

2. Ghina Novarisa

7

"Komunikasi budaya dan kearifan lokal: komunikasi mamak dan kemenakan dalam menghadapi pandemi Covid-19

1. Ilham Havifi

2. Emeraldy Chatra

8

Pola Komunikasi Marketing Pelaku Usaha Menghadapi Covid-19 di Kota Padang

1. Elva Rona,

2. Sarmiati,

3. Revi Marta

 

Rundown Kelas Paralel Virtual

KONTRA

“Komunikasi dan Transformasi”

 

Tema                           :      Komunikasi Kesehatan, Komunikasi Keluarga, Budaya, dan Gender

Moderator                  :      Rinaldi, M.I.Kom

Host                            :     

Jadwal                         :      Sesi 1 (13.30-15.30)

Zoom Meeting          :

 

No.

Judul

Pemateri

1

Pola Komunikasi Tenaga Kesehatan Dengan Masyarakat Terkait Sosialisasi Pencegahan Covid 19

1. Dalilah Arifah,

2. Emilianshah Banowo,

3. Noviawan Rasyid Ohorella

2

Model Komunikasi Kesehatan Pembinaan Gay Di Kota Padang

1. Magfirah,

2. Elva Ronaning Roem,

3.  Aidinil Zetra

3

Efektivitas Komunikasi Interpersonal Petugas Medis Dengan Pasien Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Layanan Kesehatan Di Klinik As-Syifa Kota Bengkulu)

1. Rasianna Br.Saragih,

2. Nova Yohana,

4

Pendekatan Bercerita dalam Membangun Identitas Jember Fashion Carnaval sebagai Upaya Revitalisasi Karnaval Seni

Gati Dwi Yuliana

5

Masjid Tuo Kayu Jao sebagai Cagar Budaya menuju Branding Objek Wisata Religi

1. Yesi Puspita

2. Ghina Novarisa,

3. Novi Elian

6

Konsep Diri Perempuan Barista Di Kota Medan

1. Iskandar Zulkarnain,

2. Rizka Ananda Aulia

7

Aktivitas Bercerita Dalam Keluarga: Antara Identitas, Hubungan, Dan Pesan Moral

Tribuana Tungga Dewi

8

model komunikasi orang tua dan anak dalam mengatasi bullying pada anak remaja

1. Ernita arif

2. Rahmi surya dewi:

9

Narasi Maskulinitas Melalui Foto Pamer Di Instagram

1. Wifka Rahma Syauki, M.Si ,

2. Rizky Ary Sukma, S.I.Kom

 

Rundown Kelas Paralel Virtual

KONTRA

“Komunikasi dan Transformasi”

 

Tema                           :      Komunikasi Pendidikan

Moderator                  :      Dr. Rahmi Surya Dewi, M.Si

Host                            :     

Jadwal                         :      Sesi 1 (13.30-15.30)

Zoom Meeting          :

 

 

No.

Judul

Pemateri

1

Komunikasi Pendidikan Anak Di Tengah Pandemi : Homeschooling Sebagai Alternatif Pilihan Orang Tua Setelah Sekolah Formal

Mira Hasti Hasmira

2

Efektifitas Komunikasi Antara Guru Dan Siswa Pada Proses Belajar Mengajar Daring Di Masa Pandemi Covid 19 ( Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Negeri 03 Kota Bengkulu )

1. Marlisna Br Saragih,

2. Sarrah Kurnia Fadillah

3

Strategi Komunikasi Guru Sekolah Minggu Hkbp Karawang Dalam Meningkatkan Kepedulian Anak Pada Pelestarian Budaya Batak

1. Jan Tamado Hutapea,

2. Susilowati Dyah Kusumaningtyas

3.  Noviawan Rasyid Ohorella

4

Efektivitas Model Komunikasi Pembelajaran Online Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19

Irvan Habibi Saputra

5

Komunikasi Persuasi Publik Tentang Konsep Pengasuhan Anak Komunitas Keluarga Kita

1. Khairunnisa Nurrahmah,

2. Ruvira Arindita

6

Metode Komunikasi Intruksional Guru Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Era New Normal Di Tk Laboratorium FKIP Universitas Riau

1. Nova Yohana,

2. Rasianna Br.Saragih

7

Komunikasi Multimedia Menghadapi Covid-19 Dalam Kegiatan Pendidikan

1. Sarmiati,

2.  Elva Rona

3. Ongky Andriawan

 

Rundown Kelas Paralel Virtual

KONTRA

“Komunikasi dan Transformasi”

 

Tema                           :      PR di Era Baru dan Jurnalisme di Era Digital

Moderator                  :      Yesi Puspita, M.Si

Host                            :     

Jadwal                         :      Sesi 2 (16.00-17.30)

Zoom Meeting          :

 

 

No.

Judul

Pemateri

1

“ Komunikasi Kehumasan Branding “Pariaman Smart City” Menuju Smart People Di Kota Pariaman

1. Dewi Nila Utami

2. Elva Ronaning Roem,

3. Sarmiati

2

Strategi  Public  Relations  Dalam Mempertahankan Reputasi Citra Perusahaan Melalui Media Era Digital

Firgi Nurdiansyah

3

Eksistensi Media Lokal Melalui Pengelolaan Manajemen Redaksional di Era Jurnalisme Digital

Dwi Aji Budiman

4

Analisis Bahasa Wanita Dan Bahasa Pria Pada Kolom Tanggapan Di Thread “Pemerasan Dan Pelecehan Seksual Oleh Dokter Rapid Test Di Bandara Soekarno Hatta, Terminal 3” Di Media Sosial Twitter

Nesthy Kheren Nadia

 

Rundown Kelas Paralel Virtual

KONTRA

“Komunikasi dan Transformasi”

 

Tema                           :      Manajemen Krisis Komunikasi dan Politik dalam Perubahan Sosial

Moderator                  :      Diego, M.I.Kom

Host                            :     

Jadwal                         :      Sesi 2 (16.00-17.30)

Zoom Meeting          :

 

 

No.

Judul

Pemateri

1

Dinamika Penanganan Krisis Wabah Pandemi Covid-19 di Indonesia

Sofia Hasna

2

Manajemen Krisis Komunikasi Pemerintah Dalam Penanganan Covid-19

Laelatul Pathia

3

Analisa Manajemen Krisis Komunikasi Pemerintah Indonesia Dalam Menghadapi Tantangan Pandemi Covid-19

Ni Putu Eka Budi P.W.D

4

Kemunafikan Dalam Gerakan

Adzkia Arif

5

“Lapau Kopi” Sebagai Ruang Publik Dalam Peningkatan Partisipasi Politik Pada Pembangunan Nagari Di Talang Anau

1. Tengku Rika Valentina,

2. Aidinil Zetra,

3. Lusi Puspika Sari

 

Rundown Kelas Paralel Virtual

KONTRA

“Komunikasi dan Transformasi”

 

Tema                           :      Industri Kreatif dan Periklanan dan Komunikasi dan Masyarakat Digital

Moderator                  :      Vitania Yulia, M.A

Host                            :     

Jadwal                         :      Sesi 2 (16.00-17.30)

Zoom Meeting          :

 

 

No.

Judul

Pemateri

1

Efektifitas “Fear Appeal ” Dalam Penjualan Produk Seni Ditengah Pandemi Covid 19

1. Putri Khairina Masta, S.S,.M.Si ,

2. Eldiapma Syahdiza, S.S.,M.Hum,

2

Revolusi Ruang Virtual: Wujud Baru Komunikasi Sosial Digital Masyarakat Indonesia Di Tengah Pandemi Covid-19

Rr Dinar Soelistyowati

3

Pemanfaatan radio streaming dalam mensukseskan program BKKBN Sumatera Barat

yasha langitta setiaawan

4

Konsumsi Screen Time  pada Siswa Selama Masa Pandemik

1. Alna Hanana,

2. Novi Elian

5

Perilaku Bermedia Digital Generasi Milenial Dan Generasi Z Di Kota Padang

1. Rahmi Surya Dewi,

2. Ernita Arif,

3. Rinaldi

 

Jumat, 25/9/20, Universitas Andalas kembali mewakili Kopertis X dalam ajang National University Debating Championship (NUDC) tingkat Nasional. Tahun ini NUDC dilaksanakan secara daring, via Zoom Meeting pada 24-29 September 2020. Mahasiswa terpilih yang mewakili Universitas Andalas tahun ini berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Faraytodi Gibran ( Hubungan Internasional, 2018) dan Nugel Dwiputra Pangarso ( Ilmu Politik, 2019) sebagai debater dan Windy Luthfiah Hamidi ( Ilmu Komunikasi, 2019) sebagai N1 adjudicator berkompetisi dengan 112 tim dari seluruh Universitas Negeri di Indonesia.

Tak lagi terdaftar sebagai peserta pada kategori Novice (Pemula) , Tahun ini tim debat Universitas Andalas menjadi salah satu peserta pada kategori Maindraw (Kategori Utama) Alasannya, karena tahun lalu 2019 Universitas Andalas yang diwakili oleh Faraytodi Gibran dan Ongky Andriawan berhasil menoreh prestasi sebagai pembicara terbaik dan membawa pulang medali perak dan perunggu untuk kategori pembicara terbaik Novice. Selain itu, Nugel Dwiputra Pangarso juga mendapat gelar sebagai pembicara terbaik ke-7 kategori Novice pada kompetisi Indonesian Varsity English Debate ( IVED ), open debate di Universitas Atma Jaya, Jakarta. Kedua delegasi memperlihatkan track record perdebatan yang cukup gemilang sehingga dinilai sudah tidak dapat dikategorikan sebagai ketegori Novice pada NUDC tahun ini. Meskipun demikian, delegasi Unand yang berasal dari angkatan “Muda” ini tetap menunjukan optimisme yang besar untuk berprestasi.

Setelah melalui 6 babak pra-penyisihan pada 25-27 September, delegasi NUDC Unand kembali dinyatakan lolos ke babak Octofinal (32 Besar) pada kategori utama (maindraw) sama dengan beberapa tahun sebelumnya. Tahun ini, Unand menduduki posisi tim terbaik ke-18 dengan poin kemenangan sebanyak 12 poin dengan total poin pembicara sebesar 922 dari 112 tim yang berkompetisi. 32 tim terpilih kembali bertading memperebutkan posisi pada babak Quarter Final .

Hari ini, 28 September 2020, untuk pertama kalinya Unand lolos ke babak Quarter Final (16 besar) maindraw category setelah berhasil mengalahkan Universitas Mataram dan Universitas Negeri Jakarta pada babak Octofinal. Pada babak 32 besar, Unand berhasil mengimbangi Universitas Gajah Mada (UGM) dalam ruangan perdebatan (chamber) dan lolos ke babak Quarter. Universitas Andalas menjadi satu-satunya delegasi Regional X yang berhasil masuk ke babak Quarter Final pada kategori Maindraw. Ketujuh universitas lainnya yang juga ikut mewakili kopertis X yaitu Universitas Riau, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Politeknik Negeri Padang, Politeknik Negeri Batam, Universitas Internasional Batam, Universitas Islam Riau, dan Universitas Universal.

Perjalanan Universitas Andalas di NUDC 2020 terhenti dengan mengesankan pada babak Quarter Final berhadapan dengan Universitas Gajah Mada, Universitas Parahyangan, dan Institute Pertanian Bogor. Tahun ini Universitas Andalas mengukir prestasi gemilang sebagai satu-satunya delegasi Kopertis X yang berhasil menorehkan prestasi sebagai Quarter Finalist (16 besar). *OA

 


Padang (Unand) – Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH melantik Wakil Dekan (Wadek) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNAND Periode 2020-2024 di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang pada Senin (28/9).

Pelantikan Wakil Dekan FISIP ini yakni Wadek I Dr. Lucky Zamzami, M.Soc. Sc mengantikan Dr. Aidinil Zetra, MA .Dr. Elva Ronaning Roem, MSi sebagai Wadek II mengantikan Dr. Indraddin, MSi, dan Haiyyu Darman Moenir, M.Si mengantikan Dra. Ermayanti. M.Si

Rektor mengucapkan selamat kepada Wadek yang baru saja dilantik serta ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada pejabat sebelumnya atas pengabdian dan dedikasinya selama memangku jabatan.

Lebih lanjut, Rektor menyampaikan beberapa hal diantaranya mengenai kontrak kinerja dengan Kementerian Keuangan sebagai Perguruan Tinggi BLU 

Kontrak kinerja tersebut menfokuskan pada dua hal sasaran strategis yaitu kinerja keuangan yang efektif, efisien dan akuntabel serta layanan prima dengan 12 indikator kinerja diantaranya lulusan Perguruan Tinggi yang dapat bekerja langsung, jumlah mahasiswa yang berwirausaha, persentase prodi yang terakreditasi unggul dan lain sebagainya.

Disamping itu, Rektor meminta untuk bekerja dalam satu sistem kerja yang saling terkoordinasi, sehingga setiap program yang dirancang dan dilaksanakan akan saling terpadu satu sama lain.

“Terkait dengan tata kelola, mari kita optimalkan dan tingkatkan serta kalau masih ada yang kurang segera diperbaiki sesuai dengan prinsip good university governance yang mesti diwujudkan,” terangnya. 

Dimasa pandemi covid-19, Rektor juga mengingatkan untuk terus disiplin dalam menegakkan protokol kesehatan (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).(*)

Padang - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas (Unand) memiliki Dekan baru, setelah Dr Awzar MSi menang tipis satu (1) suara dari incumbent Dekan FISIP Unand Dr Alfan Miko MSi dalam pemilihan Dekan fakultas itu untuk periode 2020 - 2024 di Convention Hall Unand, Senin (15/6).

Hasil akhir pemilihan dekan menunjukan sebanyak 16 suara untuk dekan terpilih Dr Azwar MSi dan 15 suara untuk Dr Alfan Miko MSi.

Ketua Jurusan Hubungan Internasional FISIP Unand, Haiyyu Darman Moenir yang menjadi salah satu dari 31 Senat Fakultas FISIP yang memberikan hak pilih pada pemilihan dekan hari itu membenarkan proses pemilihan dekan itu cukup ketat.

"Ada 31 suara yang berhak memilih, semuanya merupakan perwakilan dari enam jurusan yang ada di FISIP Unand, termasuk satu suara dari dekan," kata Haiyyu Darman Moenir saat dihubungi Arunala.com , seusai pemilihan berlangsung, Senin malam (15/6).

Dia merinci, di FISIP Unand ini ada enam jurusan yakni Hubungan Internasional, Komunikasi, Politik, Administrasi Publik, Antropologi dan Sosiologi. Masing-masing jurusan ini mendapat hak pilih lima.

"Artinya jika masing-masing jurusan punya lima suara, maka dari enam jurusan itu ada 30 suara, dan ditambah satu suara dari dekan (incumbent)," urainya.

Menang tipisnya Azwar yang merupakan Wakil Dekan FISIP Unand dua periode 2012 - 2016 itu dari Alfan Miko pada pemilihan itu juga dibenarkan Wakil Dekan FISIP Unand saat ini Aidinil Zetra.

"Proses pemilihan Dekan FISIP periode 2020 - 2024 dilaksanakan Senin (15/6) yang dimulai pukul 09.00. Dan pemilihan itu berlangsung sukses," terang Aidinil.

Saat itu, lanjutnya, ada dua calon yang ikut bertanding adalah Dr Alfan Miko MSi dan Dr Azwar MSi. Perolehan suara hampir seimbang yaitu 15 : 16 yang dimenangi satu (1) suara oleh Dr Azwar, MSi dan pemilihan dilakukan oleh anggota Senat FISIP Unand," kata Aidinil.

Sama dengan penjelasan Haiyyu Darman Moenir, Wakil dekan ini pun menyebutkan hak pilih di fakultas itu berjumlah 31 orang yang terdiri dari 5 orang setiap jurusan (6 jurusan yang ada di FISIP) ditambah satu Dekan sebagai ex officio.

"Dalam pemilihan ini saya tidak terlibat karena di FISIP, Wakil Dekan tidak boleh merangkap menjadi anggota Senat Fakultas," tegasnya.

Sedangkan, Anggota senat FISIP Jurusan Ilmu Politik, Asrinaldi menyatakan pascapemilihan dekan, posisi bagi Alfan Miko nantinya kembali akan menjadi dosen biasa di FISIP.

"Sebab dekan bukan jabatan karir hanya tugas tambahan dosen," kata Asrinaldi.

1. Pengumuman Pembagian Kelompok Mahasiswa KKN Tematik dan DPL FISIP Universitas Andalas

2. Panduan Pelaksanaan KKN Tematik FISIP Universitas Andalas (klik disini)

Penerimaan Program Beasiswa Unggulan FISIP Unand

Jurusan :

  • Sosiologi
  • Ilmu Komunikasi
  • Ilmu Politik
  • Antropologi
  • Administrasi Publik


Jadwal Pendaftaran

  • Pembelian PIN dan Pendaftaran online tanggal : 15 Juli s/d 21 Juli 2020
  • IPK Minimum 3.25
  • Toefl Minimum 450
  • Menandatangani Perjanjian Sebagai Asisten Peneliti
  • Kuliah Penuh Waktu

Persyaratan dan Kelengkapan Berkas yang diserahkan :
1. Foto copy Ijazahdan transkrip nilai S1 ( Ijazah Sarjana) yang legalisir
2. Pas Photo 4x6 sebanyak 3 lembar
3. Surat keterangan sehat dari dokter
4. Formulir pendaftaran. (Download pada web : http://fisip.unand.ac.id)
5. Surat Kesediaan Menjadi Calon Pembimbing dari calon Pembimbing ( Download pada web : http://fisip.unand.ac.id)
6. Melampirkan bukti pendaftaran online
7. Surat rekomendasi akademis dari dua orang ( Download pada web : http://fisip.unand.ac.id )
8. Melampirkan bukti pembelian PIN pendaftaran

Headline